HETANEWS

Sangkot Terlihat di CCTV Wisma Humanitas Saat Mengambil Hp Milik Lusi

Siantar, hetanews.com- Muhammad Dede Syahputra alias Sangkot (27), warga jalan Rajamin Purba, Bukit Sofa, Siantar Sitalasari, tak juga jerah melakukan aksi tindakan kriminal. Residivis jambret itu dan sabu-shabu, Minggu (26/07), sekitar pukul 18:00 Wib, berhasil diamankan pihak kepolisian sektor Siantar Barat, yang dipimpin Iptu David Sinaga, pada saat pelaku tertidur nyenyak d irumahnya.

Ia nekat mencuri hp tamu penginapan yang lagi lengah tidur di penginapan Wisma Humanitas, jalan Adam Malik, Timbang Galung, Siantar Barat, milik korbannya Lusi Hotlina boru Sitompul (36).

Setelah tertangkap, Polsek Siantar Barat juga berhasil meringkus temannya, Putra Eka Hartama Purba (24) dari kediamannya di jalan Pelindung, Bahkapul, Siantar Sitalasari. Anak seorang pengusaha doorsmeer di depan USI Jalan Sisingamangaraja karena bekerja sama dengan Sangkot melucuti dua hp milik Lusi, yang bertempat tinggal di Jakarta Barat.

Sebelum kejadian, Sangkot dan putra yang menaiki mobil Toyota Yaris sudah merencanakan aksi kejahatan. Aksi kejahatan itu mulai disusun ketika Sangkot bersama Putra lagi menginap di hotel Flamboyan, jalan Kain Suji, Bane, Kecamatan Siantar Utara.

Waktu itu, Minggu (26/07), sekitar pukul 06:30 wib, Sangkot dan Putra menaiki mobil bergerak menuju penginapan wisma Pantai Timur di jalan Sudirman. Setibanya di sana, Sangkot langsung menuju parkiran untuk melancarkan aksinya, sedangkan putra tetap berdiam diri di dalam mobil.

Aksinya di wisma Pantai Timur ternyata belum menghasilkan buah yang bagus, dikarenakan para tamu yang menginap masing-masing pada mengunci pintu kamarnya. Merasa belum membuahkan hasil yang baik, Sangkot dan putra kembali berjalan menuju penginapan di Siantar Hotel, jalan WR Supratman, tapi aksi di lokasi yang kedua ini belum juga membuahkan hasil.

Sangkot dan putra kembali ke penginapan wisma Pantai Timur, disitulah Sangkot berhasil mengambil satu unit hp dari dalam salah satu kamar yang tidak terkunci, sedangkan pemiliknya sedang tertidur. Setelah berhasil mencuri hp di penginapan wisma Pantai Timur, Sangkot dan putra bergerak kembali menuju penginapan wisma Humanitas di jalan H Adam Malik, sangkot tetap beraksi sendiri sedangkan putra tetap berdiam di mobil.

Sangkot pun kembali berhasil melucuti dua unit  hp milik Lusi dari dalam kamar penginapannya. Setelah berhasil,  Sangkot pun bergegas pergi dengan cepat. Tak lama, korban (lusi) pun terbangun dari tidurnya, dan kaget melihat hp miliknya telah hilang dari lokasi dimana ia letakkan.

Mengetahui dua buah hp miliknya hilang, Lusi pun langsung memberitahukan ke petugas satpam. Mendapat laporan telah terjadi pencurian, petugas satpam pun langsung membukan rekaman CCTV yang terpasang di lokasi penginapan.

Saat rekaman kamera CCTV dibuka, terlihat dengan bahwa dua hp milik Lusi dicuri sama salah seorang pelaku yang belakangan diketahui bernama Sangkot. Lusi yang menderita kerugian Rp 7,5 juta memutuskan mengadu ke Polsek Siantar Barat.

Selanjutnya, Sangkot diboyong ke Polsek Siantar Barat untuk proses hukum lebih lanjut. Saat menjalani pemeriksaan, Sangkot kepada penyidik menerangkan jika aksinya mencuri hp dari kamar penginapan wisma Humanitas tidak dilakukan sendirian melainkan dibantu temannya Putra, anak pengusaha Doorsmeer depan USI, jalan Sisingamangaraja.

Kapolsek Siantar Barat Iptu David Sinaga membenarkan jika pelaku Sangkot berhasil diamankan berdasarkan hasil rekaman camera CCTV yang terpasang di lokasi penginapan wisma Humanitas, sedangkan temannya Putra diringkus dari hasil pengembangan setelah lebih dahulu Sangkot ditangkap. “Kedua pelaku telah ditahan dan perbuatannya dijerat Pasal 363 KUHP," jelas Iptu David Sinaga.

Penulis: bt. Editor: ebp.