PARAPAT, HETANEWS.com - Setelah diburon selama 8 hari, 2 dari 4 komplotan pencuri Handphone yang beraksi di Panatapan, Nagori Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun pada Selasa (21/3/2023) berhasil diamankan Polsek Parapat, dibantu Unit Reskrim Polres Pematangsiantar pada Rabu (29/3/2023) malam.

Tertangkapnya ke-2 pelaku FP(22) dan AS(22) warga Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar , berdasarkan keterangan JM (23) warga Jalan Bah Birong, Kelurahan Sigulang- Gulang , Kecamatan Siantar Utara , Kota Siantar yang lebih dulu telah diamankan Polsek Parapat.

"Sehingga 1 pelaku lagi masih terus diburon," jelas Kapolsek Parapat AKP Jonni Silalahi kepada sejumlah awak media.

Dikatakannya, dari tangan kedua pelaku , polisi menyita 1 unit Sepeda Motor Suzuki Spin warna hitam tanpa plat. Saat ini ke-2 pelaku telah diamankan di Polsek Parapat bersama Barang Bukti (BB).

Penangkapan oleh Polsek Parapat tersebut bekerjasama dengan Unit Reskrim Polres Siantar. Keduanya ditangkap di daerah Terminal Tanjung Pinggir, tanpa melakukan perlawanan.

"Terhadap kedua pelaku dikenakan pasal 363 ayat 2 tentang pencurian dan pemberatan," jelasnya.

Saat diperiksa Polisi, pelaku FP mengaku baru keluar dari penjara pada Tahun 2020 (residivis). Dalam kasus pencurian Becak Bermotor, ia dihukum 1 Tahun Penjara.

Bahkan ia sering melakukan pencurian HP di dalam angkot PMS di Jalan Sinaksak , tapi tidak ketahuan. Selain itu pelaku juga ikut beraksi pencurian HP di Jalan Simpang 2 Kota Siantar , dengan korban sopir truck lagi parkir di pinggiran jalan.

"Sedangkan pelaku AS, juga pernah menjalani hukuman 1,8 bulan dengan kasus Jambret. TKP nya di Kota Pematangsiantar pada Tahun 2018," katanya lagi.

Secara singkat, Silalahi menjelaskan kronologi pencurian pada Selasa 21 Maret 2023 sekira pukul 2.30 Wib dini hari, tepatnya di warung kopi Gultom di Panatapan, Nagori Sibaganding. Korbannya RUTH DAMAYANTI GULTOM dan Siti Rodiani (pengunjung) yang lagi istirahat di dalam warung tersebut. Para pelaku berhasil melarikan 3 Handphone dan 1 Tablet milik korbannya.

Dalam kesempatan itu Kapolsek menghimbau kepada seluruh warga, karena ini menjelang Idul Fitri agar lebih hati-hati lagi.

"Terkadang terjadinya tindak pidana karena ada kesempatan , awalnya tak ada Niat , tapi karena ada kesempatan sehinga timbul niat, ya terjadilah tindak pidana. Oleh karena itu kita himbau khusus yang berjualan di Panatapan untuk lebih waspada dan berhati-hati," ungkapnya.