SIANTAR, HETANEWS.com - Sebanyak 8 orang Ketua dan anggota Senat memilih dan menetapkan Dr. Sarles Gultom SH MH sebagai Dekan Fakultas Hukum Universitas Simalungun (FH-USI).

Hal itu berdasarkan pemilihan yang dilakukan Senat terhadap 2 kandidat antara Dr.Muldri PJ. Pasaribu SH MH dengan Dr.Sarles Gultom di ruang aula FH USI, Senin (13/2/2023).

"Dr Sarles Gultom SH MH peroleh 8 suara dan Dr Muldri PJ Panjaitan 0," kata ketua Senat Riduan Manik dari hasil pemilihan.

Sarles Gultom sebelumnya menjabat sebagai Wakil Dekan (Wadek I). Dalam visinya menumbuhkan akademisi demi mewujudkan Fakultas hukum yang unggul dan berdaya saing. Misinya menyelenggarakan pendidikan hukum yang berdaya saing agar peserta didik menjadi manusia berkemampuan ilmu hukum yang berkualitas dan berkarakter.

Tahapan selanjutnya,akan dilakukan fit n proper test, psikotes atau assasemen psikologi dari lembaga independen dan uji kepatutan/kelayakan oleh rektor.

Pemilihan Dekan FH USI mengingat telah berakhirnya masa jabatan Dekan sebelumnya. Berdasarkan persyaratan, maka Dekan sebelumnya tidak lagi bisa mencalonkan atau dimajukan karena faktor usia maksimal 61 tahun.

"Dari hasil pemilihan senat, maka dilanjutkan dengan tahapan berikutnya yaitu fit n proper test dan uji kepatutan/kelayakan oleh rektor," kata Sarles Gultom yang ditemui di ruang kerjanya usai pemilihan.

Sarles Gultom meyakinkan jika Universitas Simalungun (USI) beberapa tahun ke depan sudah banyak mengalami kemajuan dan perkembangan. Semua fakultas yang ada di USI dipastikan baik dan bagus karena sudah banyak alumni yang berhasil baik di swasta maupun di instansi pemerintahan.

"Mengapa harus USI?," tanya nya.

USI menjadi pilihan terbaik karena jenjang akreditasi, memiliki dosen/staf pengajar yang berpendidikan dan bergelar Dr. Memiliki ruang kampus yang baik dan fasilitas yang baik.

Selain letak/lokasi yang strategis, biaya pendidikan dijamin terjangkau dibandingkan dengan harga di universitas lainnya.

"Biaya kuliah terjangkau, untuk kalangan ekonomi bawah hingga menengah. Jangan ragu belajar di USI, pastikan anda yang terbaik," katanya.

Harapannya, USI menjadi pilihan tepat sebagai tempat belajar menuntut ilmu meraih cita cita. Banyak alumni USI khusunya di fakultas hukum sudah mencapai jenjang karir tertinggi di Mahkamah Agung RI, sebagai hakim ataupun Kajari.