MEDAN, HETANEWS.com - Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumatera Utara, Tuty Alawiyah Lubis menyebutkan, Hari Pers Nasional (HPN) bukan milik salah satu organisasi profesi Wartawan. Seharusnya HPN milik semua organisasi yang menjadi konstituen Dewan Pers.

IJTI mengapresiasi Pemerintah yang telah memfasilitasi dan mendukung perayaan Hari Pers Nasional (HPN) di Sumatera Utara melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Perlu dicatat penggunaan anggaran jangan sampai penggunaan APBD untuk HPN disalahgunakan oleh salah satu organisasi kewartawanan.

“Dalam hal ini IJTI Sumut menolak pagelaran HPN 2023 di Sumatera Utara, yang kabarnya akan dilakukan salah satu organisasi dengan menggunakan APBD Sumut,” ucap Ketua IJTI Sumut, Tuty Alawiyah Lubis di Warkop Jurnalis Medan, Sabtu (28/1/2023).

Seperti diketahui, organisasi kewartawanan secara konstituen Dewan Pers ada empat lembaga terdiri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalistik Televisi Indonesia (IJTI), Perwarta Foto Indonesia (PFI) dan Aliasi Jurnalis Indenpenden (AJI), sementara Asosiasi Perusahaan Pers yang secara konstituen juga ada tujuh asosiasi terdiri dari Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Televsi Swata Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI).

Dalam perayaan HPN 2023 di Sumut, wanita berhijab ini menegaskan, bahwa IJTI Sumut tidak ikut terlibat.

“IJTI menyadari bahwa perayaan HPN 2023 di Sumut pasti tidak kondusif, sehingga kami (IJTI) menarik diri dalam kepanitian perayaan HPN 2023. Khawatir akan menjadi temuan dalam penggunaan anggaran pemerintah,” cetus Tulus, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Perwarta Foto Indonesia (PFI) Sumatera Utara, Rahmad Suryadi mengaku dalam pelaksanaan HPN pihaknya tidak dilibatkan dalam berbagai kegiatan. Namun dirinya tetap mendukung pelaksanaan HPN sesuai intruksi PFI Pusat.

“Intinya kami mengikuti intruksi pusat untuk merayakan HPN 2023 di Sumatera Utara,” jelasnya melalui seluler, Sabtu (28/1/2023).

Diketahui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, pada 11 Januari 2023 lalu, menggelar rapat kordinasi jelang peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan berlangsung 7-12 Februari 2023 di Medan.

Pemerintah Provinsi Sumut mengucurkan Rp 10 miliar untuk pelaksanaan acara tersebut. Sedikitnya 7.000 orang dari organisasi wartawan se-Indonesia akan hadir di acara nasional tersebut.

Sumber: kabarmedan.com