HETANEWS.com - Tim pengacara dari Ferdy Sambo meminta agar kliennya diputuskan oleh majelis hakim tidak bersalah dalam kasus pembunuhan Brigadir Yoshua Hutabarat. Hakim juga diminta untuk membebaskan Ferdy Sambo dari tuntutan yang dilayangkan jaksa penuntut umum dalam perkara ini.

"Maka dengan segala kerendahan hati, kami selaku tim penasihat hukum terdakwa yang mengajukan permohonan kepada majelis hakim Yang Mulia kiranya dapat mengabulkan dan memutuskan perkara ini dengan amar putusan sebagai berikut," kata pengacara Sambo, Arman Hanis, dalam sidang di PN Jaksel seperti dikutip dari detikNews, Selasa (24/1/2023).

"Mengadili, menyatakan terdakwa Ferdy Sambo tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam dakwaan kesatu primer, dakwaan kedua pertama, dakwaan kedua pertama subsider, dakwaan kedua primer, dakwaan kedua subsider," sambungnya.

Terkait permintaan pihak Ferdy Sambo itu, keluarga Brigadir Yosua mengaku heran. Tante dari Brigadir Yosua Rohani Simanjuntak mengatakan harusnya Ferdy Sambo dihukum mati, bukan dibebaskan.

"Bagaimana bisa orang yang melakukan perencanaan pembunuhan dia yang merupakan otak pelaku pembunuhan ini tiba-tiba minta dibebaskan. Seharusnya dia itu dihukum mati karena telah menghabiskan nyawa anak kami secara sadis," kata tante Brigadir Yosua, Rohani Simanjuntak kepada detikSumut, Rabu (25/1).

Rohani menilai keinginan Sambo untuk bebas menunjukkan jika mantan Kadiv Propam Polri itu tidak memiliki rasa malu. Harusnya, sebut Rohani, sebagai seorang mantan jenderal, Sambo siap mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Seharusnya dia itu malu. Dia yang merencanakan pembunuhan anak kami Yosua, sekarang dia berusaha untuk dibebaskan. Kalau saya menilai tidak pantas lagi dia mengajukan pledoi itu, di mana sudah banyak puluhan anak buahnya yang terseret dan menerima hukuman atas perbuatannya kini dia minta dibebaskan. Bukan manusia lagi dia itu," sebut Rohani.

Rohani juga tidak mau menanggapi lebih jauh tentang pengacara Ferdy Sambo yang berupaya dengan segala cara untuk membebaskan kliennya itu dari jeratan hukum. Bagi Rohani, Sambo layak dihukum mati.

"Biarkanlah ya kalau pengacara Sambo terus berupaya itu memang kerjaan dia. Yang jelas kita sudah tahu dan semua orang di Indonesia ini juga sudah tahu dari persoalan kasus ini, dan harusnya Sambo itu dihukum mati," ucap Rohani dengan geram.