JAKARTA, HETANEWS.com - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali memastikan tidak ada lagi penyelundupan narkoba ke Indonesia melalui jalur laut. Hal tersebut dikarenakan pihak TNI Angkatan Laut telah menerapkan patroli terkoordinasi (Patkor) antara negara-negara lain, terutama negara sahabat.

"Kita kerja sama dengan negara-negara lain dalam melaksanakan patroli yang terkoordinasi dengan negara-negara sahabat," ujar Laksamana TNI Muhammad Ali saat ditemui usai dari acara sertijab pejabat TNI AL di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu, 25 Januari 2023.

Sebagai informasi, menurut Laksamana Muhammad Ali, penyelundupan narkoba biasanya terjadi di selat-selat yang berjarak dekat, salah satunya Selat Malaka.

Oleh sebab itu, untuk mencegah adanya penyelundupan narkoba melalui jalur laut, TNI Angkatan Laut bekerjasama dengan negara Malaysia untuk melakukan Patkor.

"Kita ada Patkor dengan Malaysia, beda area namun kita melaksanakan patroli secara bersama," kata Laksamana Muhammad Ali.

Laksamana Muhammad Al juga menjelaskan, terkait dengan strategi atasi penyeludupan narkoba tersebut bahwa pihaknya telah bekerjasama dengan aparat maritim, salah satunya Badan Keamanan Laut (Bamkala).

"Jadi unsur-unsur maritim yang mempunyai kapal, kita kerja samakan karena jumlah kapal kita masih terbatas jika dibandingkan dengan luasnya lautan Indonesia,"

Oleh sebab itu, pihak TNI Angkatan Laut memilih untuk bersinergi dengan berbagai pihak. Sedangkan untuk di wilayah yang lautnya sempit, menurut Laksamana Muhammad Ali pihaknya bisa melakukan patroli rutin.

Sumber: disway.id