JAKARTA, HETANEWS.com - Elektabilitas Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, disebut menjadi daya tarik kuat untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Pengamat Politik UIN Jakarta, Ahmad Bakir Ihsan, mengatakan elektabilitas tinggi Erick Thohir dapat dilihat dari berbagai temuan survei dan konsisten tempati raihan daftar teratas.

Misalnya dari hasil temuan Survey dan Polling Indonesia (SPIN) periode 1-10 Desember 2022, elektabilitas Erick Thohir sebagai cawapres tempati posisi teratas dengan raihan 19,2 persen.

"Paling tidak dari beberapa survei nama Erick masuk dalam radar cawapres yang memiliki elektabilitas terus meningkat," kata Bakir Ihsan dalam keterangan pers, Rabu, 25 Januari 2023.

Dia menjelaskan elektabilitas yang dimiliki Erick bahkan berhasil unggul dari tokoh politik lainnya. Mulai dari Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, sampai Sandiaga Uno.

Menurut Bakir kondisi demikian tentu semakin menguatkan potensi Erick Thohir maju sebagai cawapres semakin positif. Erick Thohir dinilai figur yang memiliki daya tarik elektoral kuat di masyarakat.

Terlebih lagi Erick Thohir menjadi sosok yang banyak diinginkan masyarakat maju pilpres. Kinerja cemerlang Erick Thohir berhasil membawa dampak elektoral secara signifikan.

"Erick Thohir merupakan salah satu nama yang juga menjadi daya tarik pemilih," ungkap Bakir.

Sumber: medcom.id