JAMBI,HETANEWS.com - Seorang remaja berinisial MY (16), warga Kota Jambi, jadi bulan-bulanan warga, setelah kepergok mencuri kotak amal di Masjid Al-Amanah, Kelurahan Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.
Peristiwa itu terjadi, Selasa (24/1/2023) sekitar pukul 21.00 WIB. Meski pelaku masih 16 tahun, dia diketahui sudah beraksi di 8 TKP di Kota Jambi.

"Iya sudah diamankan. Di TKP kami kerugiannya cuma Rp 15 ribu, (perkara) kami limpahkan ke Polsek Jambi Selatan karena (pelaku sudah) beraksi di 8 TKP," kata Kapolsek Jambi Timur, Kompol Yumika Putra, saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Ketua RT 04, Kelurahan Kasang, Abunjani, mengatakan, awalnya pelaku datang ke masjid pada Selasa (24/1) sore sebelum salat Ashar. Di sana dia mondar-mondir sambil mengamati lokasi. Modus pelaku ialah pura-pura salat di masjid tersebut.

"Dia datang (ke TKP) sebelum salat Ashar (terpantau CCTV). Dia juga pura-pura salat, sambil mantau la kan. Lalu Jam 20.48 WIB, dia baru beraksi," kata Abunjani.

Dari rekaman CCTV, pelaku membongkar kotak amal yang berada di dekat toilet masjid menggunakan kunci inggris. Setelah berhasil dibongkar, pelaku meraup semua uang di dalam kotak amal tersebut.

"Pada pukul 9 malam itu, saya dapat kabar dari marbot masjid bahwa ada maling kotak amal. Di situlah pelaku ditangkap, dan dipukuli masyarakat, karena masyarakat emosi," ujarnya.

Abunjani mengatakan, setelah ditangkap pelaku diamankan dan dibawa ke Koramil Jambi Timur yang tak jauh dari lokasi, agar tidak dihajar massa kembali.

"Setelah masyarakat sudah tenang. Pelaku kami bawa ke Polsek Jambi Timur," tandasnya.