HETANEWS.com - Memberikan nama terhadap anak bukan hanya sekedar untuk panggilan. Memberikan nama juga sering dikaitkan dengan harapan dan peristiwa.

Tidak jarang, untuk memberikan nama terhadap buah hati harus melalui proses yang panjang. Pemilihan kata dan artinya. Sehingga nama tersebut memiliki makna yang indah.

Demikian juga bagi masyarakat batak toba. Secara umum, nama anak baik bagi laki-laki dan perempuan menjadi nama panggilan yang sering dipertanyakan artinya. nah kali ini, detikSumut merangkum 14 nama anak laki-laki bagi masyarakat batak toba dan artinya.

1. Arga artinya mahal namun bisa juga diterjemahkan sebagai kata berharga. Arga merupakan nama yang diberikan kepada anak laki-laki. Namun sering juga ditemukan pada anak perempuan. Arga mengacu pada filosofi batak yang menyebutkan anakhon hi do hamoraon di au yang artinya anakkulah harta paling berharga.

2. Baringin artinya pohon. Namun biasanya pemberian nama baringin bukan merujuk pada salah satu jenis pohon melainkan pada salah satu keyakinan yakni pengayom atau pengambil kesepakatan. Hal ini juga mengacu pada satu perumpamaan batak, martantan ma baringin marurat ma jabijabi artinya pohon beringin memiliki daun tali ke bawah dan harihara (sejenih pohon besar) memiliki akar yang kuat. Nama baringin biasanya diberikan dengan harapan kelak anak tersebut dapat menjadi tempat bermufakat atau sentral pengambil keputusan dalam satu keluarga besar. Baringin biasanya nama yang dianugerahkan kepada anak laki-laki tertua agar dapat menjadi pengayom.

3. Domu artinya bertemu. Namun dalam penyebutan nama kata domu sering ditambahkan dengan imbuhan konfiks par dan an sehingga menjadi pardomuan. Partomuan artinya pertemuan. Nama mardomuan diberikan kepada anak laki-laki dengan harapan agar dapat menyatukan atau tempat untuk bersatu.

4. Gomgom artinya pengayom atau pengarah. Namun bisa juga memilik arti pengerat atau melekat. Contoh kata gogom dalam kalimat di gomgom tondikku artinya dalam pelukan jiwaku. Nama gomgom diberikan kepada anak laki-laki dengan tujuan agar dapat menjadi pengerat atau pengayom. Nama gomgom lahir dari keinginan agar anak tersebut dapat tetap ada dalam diri setiap orang.

5. Haposan artinya kepercayaan. Nama haposan diberikan kepada anak laki-laki dengan harapan anak tersebut dapat menjadi orang yang paling dipercaya. Haposan juga diberikan sebagai nama dengan harapan dapat menjadi tempat untuk menitipkan segala bentuk keinginan jiwa.

6. Hotma memiliki arti tetap atau teguh. Hotma berkata dasar hot yang artinya tidak bergerak. Hotma diberikan kepada anak laki-laki dengan keinginan agar anak tersebut teguh atau tetap pada kebaikan, nilai dan amanah. Kata hotma juga kerap digunakan untuk anak perempuan namun biasanya ditambahkan dengan kata lain seperti Hotma Uli, atau homa roida.

7. Linggom - Nama linggom sering diberikan kepada anak laki - laki. Nama ini biasanya ditambahkan dengan imbuhan konfiks par di awal dan an di akhiran. Sehingga sering disebut Parlinggoman. Kata dasar linggom artinya teduh. Sehingga nama Parlinggoman memiliki makna tempat berteduh. Biasanya orang tua yang memberikan nama ini pada anak laki-lakinya memiliki niat dan keinginan agar anaknya tetap berada dengan jiwa yang teduh. Selain itu anak tersebut juga kelak diharapkan dapat menjadi tempat berteduh atau tempat bersandar orang tuanya.

8. Maruasas artinya suara yang keras atau suara yang didengar. Nama Maruasas diberikan kepada laki-laki yang paling sulung. Tujuannya agar seluruh nasehat dan arahannya didengarkan oleh adik-adiknya. Selain itu ada juga keinginan agar anak tersebut mampu menjadi penyuara kebenaran untuk orang banyak.

9. Parulian - Parulian memiliki kata dasar uli. Uli artinya indah ataupun sempurna. Namun kata uli kerab digunakan untuk anak perempuan. Sehingga untuk anak laki - laki ditambahkan imbuhan konfiks par dan an. Sehingga menjadi parulian. Namun jika menggunakan imbuhan konfiks, parulian memiliki penambahan arti. Selain keindahan atau kesempurnaan, parulian juga bisa diartikan sebagai kekayaan atau anugerah. Biasanya orang tua yang memberikan nama Parulian kepada anak laki - lakinya didasari atas kesadaran bahwa anak tersebut adalah berkat/berkah. Serta memiliki keinginan anaknya memberikan keindahan ataupun keberuntungan bagi hidup orang lain maupun keluarganya.

10. Parsaoran - berkata dasar Saor artinya akrab. Setelah ditambahkan imbuhan konfiks par dan an maka memiliki penambahan makna yakni kelompok, komunitas dan kerukunan. Parsaoran merupakan nama yang diberikan kepada anak laki-laki dengan harapan anaknya menjadi pemersatu, membangun kerukunan ataupun membangun silaturahmi.

11. Pontas artinya tempat duduk atau atau kedudukan kehormatan. Nama pontas memiliki makna tempat letak dari kehormatan. Nama ini biasanya digunakan untuk anak laki-laki sebagai akhir dari harapan. Sehingga tidak jarang nama ini diberikan pada anak laki-laki paling kecil dalam bahasa batak disebut siampudan. Dengan niat agar anak tersebut menjadi penyempurna dari kehidupan. Namun ada juga keinginan agar anak tersebut tetap menemani orang tuanya. Karena biasanya anak palingt kecil akan tinggal bersama orang tuanya.

12. Poltak artinya terlihat, tetapi bisa juga diartikan sebagai terang. Contohnya dalam kalimat poltak mata niari mamboan ha tiuron artinya terlihat mata hari membawa cahaya. Dari arti kata Poltak sendiri sudah dapat kita terjemahkan harapan dan keinginan dibalik nama itu. Poltak diharapkan menjadi anak yang bersinar, bersinar ataupun menonjol.

13. Ruhut artinya tatanan. Biasanya kata ruhut dijadikan pelengkap pada aturan - aturan. Contohnya ruhut-ruhut pamincangion artinya aturan aturan pemberian sanksi. Nama ruhut identikan dengan sanksi dan hukum. Namun bisa juga diterjemahkan sebagai tatanan dalam satu tradisi. Seperti aturan adat. Nama ruhut biasanya diberikan kepada anak lakilaki dengan harapan dapat menjadi penengak aturan, tidak melanggar aturan atau pembuat aturan.

14. Sahala memiliki arti karisma. Namun dalam pembuatan nama kata sahala sering ditambahkan awalan mar sehingga menjadi marsahala. Selain memiliki arti karisma, marsahala juga menunjukkan kebesaran. Biasanya anak laki - laki yang memiliki nama ini diharapkan akan membawa marwah keluarga atau membangun nama baik untuk keluarga.