JAKARTA, HETANEWS.com - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengaku membuka peluang untuk siapapun yang ingin bergabung dengan partai berlambang Ka'bah tersebut. Termasuk putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep.

"PPP tentu terbuka ya sebagai partai politik, tidak hanya Kaesang saya kira. Siapapun yang ingin bergabung ke PPP tentu kami menyambut dengan tangan terbuka," kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi, saat dikonfirmasi, Rabu (25/1).

Terkait posisi atau jabatan yang cocok bagi Kaesang nantinya bila terjun ke politik, Awiek panggilan akrabnya menilai masih terlalu jauh untuk berbicara jabatan.

Sebab, hingga saat ini, Kaesang belum nentukan akan berlabuh ke partai politik mana.

"Sampai sejauh ini kita belum mengandai karena belum bicara tempat khusus (untuk Kaesang). Karena Mas Kaesang sendiri belum tahu, mau berlabuh ke mana gitu," ucap Awiek.

Namun, dia mengaku senang, mendengar Kaesang kini mulai tertarik untuk terjun ke dunia politik.

"Ya kalau Kaesang tertarik ke politik itu hak sebagai warga negara ya. Mas Kaesang sudah dewasa bisa menentukan hak politiknya," imbuhnya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan adiknya, Kaesang Pangarep, tertarik terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan Kaesang bicara tertarik masuk politik di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mungkin kemarin yang kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Kaesang kemarin, aku yo kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, ada ketertarikan di politik," kata Gibran.

Gibran mengaku tidak tahu langkah yang akan diambil sang adik, apakah akan melenggang di Pemilu 2024 nanti atau tidak. "Nggak tahu (2024) ya kan saya baru dengar kemarin," ujarnya.

Jokowi pun sempat kaget mendengar pernyataan dari Kaesang itu. Gibran menegaskan bahwa biasanya Kaesang tidak pernah membahas mengenai politik. Menurut Gibran, Kaesang masih melakukan penjajakan dan masih tanya-tanya ke dirinya dan Presiden Jokowi.

"Ya intinya masih tanya-tanya, tapi memang kemarin dirinya menyatakan pengin gitu. Kan kemarin kita ajak juga ke Solo Safari, Solo Trecknopark, Ngarsopuro, ternyata bisa gitu," ujarnya.