JAKARTA, HETANEWS.com - Walaupun membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk konsisten olahraga, kamu akhirnya akan merasa lebih kuat dan cepat karena didukung otot tubuh. Tapi bagaimana jika kamu istirahat beberapa waktu, apakah kekuatan ini akan hilang dan kamu harus mulai lagi dari awal?

Seperti halnya semua yang berkaitan dengan olahraga, berapa banyak yang hilang dengan istirahat juga bergantung pada tingkat kebugaran. Untuk membangun dan mempertahankan kekuatan dan daya tahan, kamu disarankan olahraga setidaknya 3 hari dalam seminggu.

Jenis aktivitas fisik yang teratur ini akan membantu membangun otot dari waktu ke waktu dan bisa menghasilkan kesehatan dan kebugaran yang lebih baik secara keseluruhan. Tetaplah dengan rutinitas mingguan yang terstruktur ini, mencakup latihan kardio dan kekuatan seluruh tubuh akan memberikan perbedaan pada tingkat kebugaran tubuh dalam waktu sekitar 8 sampai 12 minggu.

Selama waktu ini, tubuh secara bertahap beradaptasi dengan aktivitas fisik baru dan serat otot menjadi lebih kuat. Jika kamu sampai di titik ini dan merasa perlu istirahat, di sinilah kamu bisa mendapatkan beberapa hari istirahat tanpa olahraga sebelum kehilangan kekuatan.

Berapa hari kamu bisa istirahat dari olahraga?

Yang terbaik adalah mendengarkan tubuhmu sendiri, daripada mendorong dan melakukan latihan saat kamu sebenarnya tidak mampu, justru akan menyebabkan kelelahan dan cedera. Untungnya, walaupun kamu melewatkan beberapa hari tanpa olahraga, ini tidak akan membuat perubahan apapun pada kekuatan dan daya tahan tubuh.

Hanya saat kamu menekan jeda pada rutinitas latihan selama 3 sampai 4 minggu tanpa olahraga sama sekali, kamu mungkin mulai melihat perbedaan dalam seberapa kuat kamu. Setiap kali kamu istirahat olahraga, otot akan memulai proses yang disebut atrofi otot.

Atrofi otot atau dikenal sebagai sarcopenia adalah degenerasi jaringan otot karena tidak digunakan atau kurang olahraga. Ini biasanya menghasilkan penurunan massa otot, kekuatan, dan penurunan kinerja fisik secara keseluruhan.

Ini berarti olahraga berikutnya setelah istirahat mungkin terasa lebih berat dari biasanya atau sedikit lebih melelahkan karena kamu kehilangan sebagian massa otot. Seberapa besar atrofi otot akan bergantung pada tingkat kebugaran.

Sumber: fimela.com