HETANEWS.com - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep memyampaikan ketertarikannya untuk terjun ke dunia politik, mengikuti langkah sang ayah yang kini menjadi kepala negara Indonesia dua periode.

Alasan: Keinginan Kaesang untuk terjun di dunia politik tersebut, disampaikan kakanya yang juga merupakan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Gibran menyebutkan, Kaesang mengutarakan keinginannya menjadi seorang politikus saat makan bersama ayahnya saat pulang ke rumah di Solo.

Lebih lanjut, Gibran mengungkapkan alasan ketertarikan Kaesang tertarik menjadi politikus karena ingin berkontribusi pada daerah. Menyusul, dirinya yang kini menjadi pengurus Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

“Kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik,” kata Gibran, Selasa (24/1/2023).

Dinilai Mampu: Adapun selama mengamati keterlibatan dan pengalaman Kaesang sebagai pengurus di Persis Solo, Gibran menilai adiknya memiliki potensi untuk mengikuti jejaknya dan adik iparnya yang kini menjabat sebagai Walikota Medan, Bobby Nasution.

“KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat,” ucapnya.

Presiden Jokowi, kata Gibran bahkan ikut terkejut saat mendengar pernyataan yang disampaikan oleh Kaesang itu. Namun dirinya belum tahu soal kemungkinan Kaesang tertarik mencoba peruntungan di kancah politik melalui Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

“Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu,” tambahnya.

Ajak Tinjau Infrastruktur: Gibran menambahkan, dirinya pun mengajak Kaesang ke beberapa proyek infrastruktur yang sedang dalam proses pengerjaan di Kota Surakarta. Kala itu, Presiden Jokowi turut ikut serta mendampingi kedua anaknya.

Proyek infrastruktur yang mengikut sertakan Kaesang dalam agenda peninjauan Gibran antara lain Solo Safari, Technopark, hingga Ngarsopuro.

“Ya, melihat pembangunan-pembangunan di Solo. Pokoknya, ada ketertarikan untuk membangun, ikut membantu, lebih ke kontribusi,” katanya.

Pilihan Parpol: Mengenai partai politik yang ingin diikuti oleh Kaesang jika nantinya serius terjun ke dunia politik, Gibran mengaku belum mengetahuinya. Sebab, hal itu menurutnya adalah hak personal dan keputusan pribadi suami dari Erina Gudono itu.

Gibran pun mengaku tak mau ambil pusing soal bakal adanya anggapan publik soal keluarga Presiden Jokowi yang ingin membangun dinasti politik, terkait keinginan Kaesang menjadi politikus. Sebab menurutnya, terjun ke dunia politik adalah hak semua warga negara. Selain itu, hal yang disampaikan Kaesang sejauh ini baru sekadar obrolan santai bersama keluarga.

“Kontestasi dalam politik merupakan kompetisi. Bisa menang, bisa kalah. Kaesang kemarin hanya melontarkan keinginan, kalau keseriusan tanya Kaesang sendiri,” pungkasnya.

Sumber: asumsi.co