SUMUT, HETANEWS.com -"Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan pimpinan badan usaha milik daerah (BUMD) daerah tersebut, memastikan kesiapan mereka menyukseskan penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

"Sumut siap menyukseskan HPN 2023 dan menjadi penanggung jawab pendampingan para tamu atau laison ffficer (LO) pada 'event' nasional yang dilaksanakan pada 7-12 Februari 2023," kata Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief S Trinugroho sekaligus Ketua Umum Panitia Daerah HPN 2023, Minggu (22/1/2023).

Arief S Trinugroho mengatakan, seluruh kepala OPD dan pimpinan BUMD harus bisa memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang hadir. Selain HPN, Provinsi Sumut akan menggelar agenda nasional lain, bahkan tingkat nasional pada tahun 2023.

"Awal tahun 2023, kita mendapat kepercayaan besar menjadi tuan rumah berbagai agenda, tidak hanya skala nasional, bahkan dunia. Untuk itu, mari berikan pelayanan terbaik sehingga Sumatera Utara mampu memberikan citra dan kenangan yang baik," ujar Arief.

Agenda besar yang akan digelar, yaitu ajang Balap Perahu Super Cepat atau F1H2O (F1 Powerboat). Ajang bertaraf internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023.

Kemudian, HPN 2023 diperkirakan akan dihadiri belasan ribu tamu yang berasal dari unsur organisasi pers, pemerintah daerah seluruh provinsi, duta besar hingga wartawan asing.

Menurut dia, kegiatan yang digelar di provinsi tersebut akan turut membantu mendorong kebangkitan ekonomi daerah setempat.

Adapun rangkaian kegiatan HPN 2023, yaitu Lokakarya "Literasi Digital: Media Sosial dan Entrepreneurship Generasi Milenial", Seminar "Seruan Pers dari Sumatera Utara", Seminar Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Seminar Internasional Bertajuk "Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media Berkelanjutan".

Selain itu, papar dia, akan dilangsungkan Kongres Ke-XXVI SPS, Seminar SPS, Diskusi Anugerah Kebudayaan, Rakernas IKWI, dan bakti sosial hingga pertemuan Dewan Kehormatan PWI Pusat dengan Dewan Kehormatan Provinsi Se-Indonesia.

Tidak hanya itu, ujar dia, Sumut akan menggelar Pameran HPN 2023 dan Pameran Tiga Abad Surat kabar Indonesia, Seminar Internasional "Trade, Tourism, and Investment Forum for North Sumatera", dan beberapa agenda besar lainnya.

"Untuk acara puncak akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan dilaksanakan tur ke Danau Toba bagi peserta HPN pada 9-10 Februari 2023," ujarnya.