HETANEWS.com - Relawan Mak Ganjar menyelenggarakan kegiatan Senam Sehat Bersama Lansia dan Pemeriksaan Kesehatan di Wisata Danau Sipin, Kota Jambi hari ini.

Koordinator Wilayah Mak Ganjar Provinsi Jambi Maria Sebastiana menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung para lansia peduli terhadap kesehatan dan tetap produktif membangun komunitas positif antar sesama lansia. Terlebih saat ini proporsi penduduk lanjut usia semakin banyak membutuhkan perhatian dan perlakuan khusus dalam pelaksanaan pembangunan.

"Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan sosial lanjut usia, kegiatan ini merupakan sarana silaturahmi dan mengoptimalkan fungsi fisik agar lansia senantiasa hidup sehat jauh dari penyakit. Selain itu, kami juga mengadakan pemeriksaan kesehatan meliputi tensi darah, gula darah, asam urat dan kolesterol," ujar Maria dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/1/2023).

Lebih lanjut, Maria mengatakan sesuai UU Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, lansia adalah seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Ia menjelaskan keberhasilan pembangunan ditentukan berbagai bidang, salah satunya kesehatan yang menyebabkan terjadinya peningkatan Usia Harapan Hidup (UHH) penduduk dunia termasuk Indonesia.

Namun di balik keberhasilan peningkatan UHH, terdapat tantangan yang harus diwaspadai. Pasalnya, Indonesia akan menghadapi beban tiga (triple burden), yaitu peningkatan angka kelahiran dan beban penyakit (menular dan tidak menular), serta peningkatan Angka Beban Tanggungan penduduk kelompok usia produktif terhadap kelompok usia tidak produktif.

"Memasuki lansia ini sebetulnya sudah rentan terhadap resiko penyakit. Maka, dengan semakin banyaknya jumlah lansia mulai dari sekarang kami sudah mulai mempersiapkan program kesehatan yang ditujukan kepada lansia. Ini wujud kepedulian kami dari Mak Ganjar untuk para 'oma-oma', ya," lanjutnya.

Oleh karena itu, Maria berharap kegiatan tersebut mampu berkontribusi memperbaiki kualitas taraf kesehatan hidup dari para lansia. Ia pun mengatakan ke depannya Mak Ganjar Jambi akan terus mengadakan kegiatan secara komprehensif dalam meningkatkan kesejahteraan sosial maupun kesehatan para lansia di Jambi.

"Kegiatan tersebut membuka mata kami bahwa melalui relawan Mak Ganjar kita bisa tahu persoalan yang dihadapi dan juga apa yang harus kami lakukan. Kami berharap bisa terus membantu mereka para lansia yang membutuhkan dengan kegiatan yang kami lakukan," papar Maria.

"Contohnya mungkin pemeriksaan kesehatan rutin, terapi dan kegiatan sosialisasi lainnya sebagai wujud kontribusi kami terutama sebagai fungsi kepanjangan tangan dari Pak Ganjar Pranowo," pungkasnya.

Sebagai informasi, selain kegiatan penyuluhan dan senam sehat, Mak Ganjar juga turut serta membagikan paket cinderamata dan obat-obatan kepada para lansia.