SIMALUNGUN - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun Marharoan Bolon (Gotong Royong) di kawasan Danau Toba Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Jumat 20 Januari 2023.

Adapun Marharoan Bolon merupakan instruksi langsung dari Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Gotong royong dimulai dari Simpang Hotel Patra Jasa sampai Jembatan Sera-sera yang dibagi dalam 32 lokasi. Selain para ASN, Marharoan bolon diikuti oleh jajaran Polres Simalungun, masyarakat, perhotelan, restoran dan pihak kecamatan.

Sekretaris Daerah Pemkab Simalungun Esron Sinaga mengatakan, kegiatan ini salah satu upaya untuk menjaga keindahan lokasi wisata agar para wisatawan nyaman berkunjung ke Danau Toba Parapat.

"Hari ini Pemerintah Kabupaten Simalungun mengajak seluruh ASN, masyarakat, perhotelan, restoran, pendidikan bergabung bersama-sama bergotong royong untuk membersihkan jalan-jalan dan lingkungan di kota Parapat,"kata Esron.

Bupati Simalungun, kata Esron, berharap kebersihan objek wisata terus dilakukan sekaligus untuk menimbulkan rasa memiliki dan mencintai daerah wisata.

"Mari kita jaga kebersihan kota Parapat ini agar para wisatawan senang berkunjung ke Parapat, serta kita jaga kebersihan lingkungan kita masing-masing untuk menciptakan Simalungun, yang bersih dan indah," kata Sekda menyampaikan instruksi Bupati.

Saat kegiatan ini juga diberikan bingkisan kepada sejumlah pedagang sekaligus mengajak agar para pedagang yang tinggal di sekitar jalan besar parapat menjaga kebersihan.