SIMALUNGUN - Bupati Simalungun memenuhi janjinya untuk membantu pengobatan Amora Rodimarito Girsang (8). Kini bocah yang mengalami luka bakar itu akan menjalani operasi plastik.

Mewakili Bupati Simalungun, Ny Ratnawati Radiapoh Sinaga menemui Amora di kediamannya di Huta Sipinggan, Nagori Tiga Bolon, Kecamatan Sidamanik, Sabtu 14 Januari 2023.

Kunjungan Ratnawati setelah pertemuan Amora dengan Bupati Radiapoh pada acara Open House Pemkab Simalungun, Kamis 5 Januari 2023.

Orang tua Amora, Sahat Taruli Tua Purba dan Juliana Boru Pakpahan menyambut baik kedatangan rombongan Ratnawati.

Ketua TP PKK Simalungun Ratnawati Sidabutar berjanji akan memantau terus langsung pengobatan dan penyembuhan Amora.

Ia mengatakan, Pemkab Simalungun maupun keluarga bersama Bupati Radiapoh akan menanggung penuh biaya pengobatan dan operasi Amora sampai pulih seperti keadaan semula.

Ia menuturkan, bila operasi plastik gagal dilakukan di Medan, ia beserta keluarga bersedia membawa dan menanggung seluruh biaya perobatan Amora ke Malaysia untuk di lakukan operasi plastik.

“Kita lihat bagaimana nanti perkembangannya di RS di Medan. Bila operasinya gagal, saya dan keluarga akan membawanya ke RS yang lebih baik lagi di Malaysia untuk operasi plastik hingga sembuh dan seperti sedia kala,“ ucap Ratnawati.

Ia prihatin melihat kondisi tubuh Amora pasca mengalami luka bakar. Amora, kata Ratnawati, layak mendapatkan bantuan pengobatan yang maksimal hingga pulih seperti sedia kala.

“Saya dulunya juga berasal dari keluarga yang penuh keterbatasan. Melihat kondisi anak kami Amora seperti sekarang ini, tentunya saya sangat bisa merasakan bagaimana keluarga ini," ujar Ratnawati.

"Atas nama pribadi kami sekeluarga sangat prihatin. Kondisi Amora saat ini merupakan tanggung jawab kita bersama, dan kami akan berupaya maksimal untuk melakukan berbagai langkah pengobatan sampai penyembuhannya kembali seperti sedia kala," ucapnya menambahkan.

Amora punya keinginan untuk sembuh dan kembali bersekolah. Kepada Ratnawati, anak ketiga dari empat bersaudara in mengungkapkan cita citanya kelak menjadi seorang Guru.

“Terima kasih atas kunjungan Bunda dan rombongan ke rumah kami. Semoga rencana operasinya tidak ada kendala dan berjalan lancar, bila besar nanti saya bercita cita bisa menjadi guru”, ungkap Amora.

Ayah Amora, Sahat Taruli Tua Girsang, mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan perhatian dari Pemerintah Kabupaten Simalungun, maupun keluarga besar Bupati terhadap kondisi yang dialami oleh putrinya.

Ia berharap, semoga rencana untuk memulihkan putrinya berjalan lancar tanpa ada kendala.

“Hanya ucapan terimakasih yang bisa kami sampaikan kepada Ibu Bupati dan rombongan. Semoga Tuhan lah yang membalas perhatian dan kebaikan yang dilakukan oleh Ibu,” ungkap Taruli.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Edwin Tony Simanjuntak mengatakan, pasca peristiwa yang dialami Amora setahun silam, pihaknya terus memantau kondisi kesehatan Amora.

Edwin mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai upaya pengobatan dan seluruh biaya pengobatan tersebut ditanggung penuh oleh pemerintah Kabupaten Simalungun.

"Hingga saat ini, Amora telah menjalani operasi penyembuhan sebanyak dua kali di RS di kota Medan. Melihat kondisi Amora yang semakin membaik, direncanakan minggu ini kami akan kembali membawa Amora ke Medan untuk berkonsultasi kepada RS yang akan menangani khusus operasi plastiknya nanti," ucap Edwin.

Sebelumnya, api membakar tubuh kecil Amora saat ia dan teman-temannya sedang membuat api unggun untuk membakar jagung di depan rumahnya, pada Minggu 30 Januari 2022 malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Pasca kejadian seharusnya ia mendapatkan penanganan medis dari rumah sakit. Namun karena tidak ada biaya, siswa Kelas I Sekolah Dasar itu terpaksa hanya dioles minyak selama 2 minggu di rumahnya.

Tubuhnya mungil amora mengalami luka bakar di bagian wajah, leher, kedua lengan, tangan, paha hingga kaki kanan.

Baca juga: Saat Amora Hadiri Open House, Bupati Radiapoh: Saya Akan Bantu Biaya Operasi Anak Kita Ini