TEBING TINGGI - Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 di Tebing Tinggi ditandai dengan Jalan Sehat Kerukunan Antar Umat dan deklarasi Damai Umat Beragama, Sabtu (14/1/2023).

Giat jalan sehat yang digelar Kemenag Tebing Tinggi diikuti ribuan peserta dan dilepas langsung oleh Pj Wali Kota Tebingtinggi, Muhammad Dimyathi, dari Kantor Kementerian Agama Tebing Tinggi.

Pj.Walikota Dimiyathi dalam sambutannya pada peringatan HAB Ke-77 itu mengajak seluruh masyarakat dari berbagai elemen untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan toleransi.

"Untuk menciptakan suasana rukun harus dimulai dari pangkalnya. Maka mulailah dari lingkungan tempat tinggal kita masing-masing. Kerukunan bukan hanya lintas agama, lintas etnis tapi juga kerukunan sesama umat beragama, antar suku, antar etnis," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, memasuki tahun politik, Dimiyathi mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kerukunan pesta demokrasi politik.

"Mari kita jaga keutuhan NKRI, jangan mudah terprovokasi, gunakan pikiran dan akal sehat karena semua permasalahan bisa diselesaikan secara baik melalui musyawarah dan secara kekeluargaan," pesannya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kota Tebingtinggi, H Muhammad David Saragih menjelaskan rangkaian kegiatan dalam rangka HAB ke-77. Diantaranya telah melaksanakan pekan olahraga, donor darah serta kegiatan sosial lainnya dan ditutup kegiatan jalan sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama, yang mana pelaksanaannya serentak di seluruh Indonesia di Kabupaten/ Kota.

"Adapun yang menjadi maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin kebersamaan sehingga terjalin kerukunan, dengan terjalinnya kerukunan maka akan terjalin damai di Indonesia khususnya kota Tebing Tinggi," ungkapnya.