HETANEWS.com - Polda Sumut siap menyukseskan kejuaraan dunia perahu motor formula (F1H20) Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara.

Dalam acara yang akan berlangsung pada 24 hingga 26 Februari 2023, pihaknya akan memberikan pengamanan maksimal, baik di dalam maupun di luar arena balapan.

Demikian dikatakan oleh Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/1/2023).

"Saya juga telah melaksanakan peninjauan pembangunan arena balapan, progres pengerjaannya berjalan cukup baik," kata Panca Putra.

Panca mengatakan, pihaknya dibantu Kodam I BB dan pemerintah daerah akan melaksanakan pembersihan di Balige. Hal ini sebagai bentuk memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan.

"Tentunya untuk menyukseskan program ini, pada 16 Januari 2023 akan berkantor di Balige," ujarnya.

"Harapan kita pada 10 Februari 2023 seluruh proses pembangunan arena balapan perahu motor selesai dilaksanakan," ujarnya.

Panca meminta OPD Pemprov Sumut untuk menampilkan atraksi kebudayaan daerah serta UMKM dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat selama event berlangsung.

"Ini merupakan kesempatan bagi Indonesia, khususnya Sumatera Utara, karena dipercaya menyelenggarakan acara olahraga bertaraf internasional," ujar Panca.

Gelar Operasi Kepolisian Hopal Toba 2023

Panca Putra mengatakan, pihaknya juga akan menggelar Operasi Kepolisian Hoval Toba 2023 selama event berlangsung.

"Operasi yang digelar untuk memberikan rasa aman kepada para peserta, penonton, wisatawan serta masyarakat," katanya.

Kurang lebih 600 personiel gabungan TNI Polri serta stakeholder lainnya dilibatkan dalam operasi tersebut.

"Kita berharap dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dalam menyukseskan event ini," jelasnya.

Sumber: suara.com