Batam,HETANEWS.com - Seorang pria berinisial MS di Kabupaten Karimun, Kepri ditangkap polisi karena mencuri kotak amal masjid. Pelaku merupakan spesialis pencurian kotak amal yang bersaksi di 17 TKP atau masjid berbeda.
"Pelaku MS yang kami amankan merupakan spesialis pencurian kotak amal. Pelaku sudah beraksi di 17 lokasi atau masjid berbeda di Kabupaten Karimun," kata Kapolsek Tebing, AKP Jaiz, Jumat (6/1/2023).

Pengungkapan kasus tersebut bermula dari laporan pengurus Masjid Al Nabawi, Perumahan Balai Garden Kecamatan Tebing, Karimun. Aksi pencurian MS tersebut terekam CCTV.

"Pelaku melakukan pencurian pada Sabtu (31/12) lalu. Usai menerima laporan pengurus masjid akhirnya melakukan penyelidikan dan mengamankan pelaku pada Rabu (4/1) lalu di kediamannya," ujarnya.

"Dari aksi pencurian yang dilakukan MS di Masjid Al Nabawi itu ia mendapat uang sebesar Rp 16,5 juta. Keterangan pelaku uang hasil pencurian tersebut digunakan untuk kehidupan pribadinya," tambahnya.

Jaiz menjelaskan, modus pelaku dalam menjalankan aksinya dilakukan dengan membobol kotak amal tersebut menggunakan linggis, tang dan obeng yang di bawa pelaku. Pelaku beraksi saat suasana masjid tengah sepi saat pagi hari.

"Modus pelaku mencongkel bagian bawah kotak kotak amal menggunakan obeng, lalu setelah terbuka sedikit, pelaku memasukkan linggis dan di bawah linggis pelaku memasukkan tang, setelah itu pelaku mencongkel kotak infaq," jelasnya.

Atas perbuatannya, pelaku MS dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama 5 tahun.