JAKARTA, HETANEWS.com - Lionel Messi dikabarkan kembali berlatih dengan PSG pada 3 Januari. Dia mendapatkan kompensasi setelah membawa Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022 pada Desember 2022 lalu.

Lionel Messi kembali ke PSG, tapi bagaimana respon fans klub yang dimiliki Qatar ini? Seperti diketahui, PSG adalah klub Prancis yang dikalahkan Argentina di final piala Dunia 2022 lalu.

Ini menimbulkan keraguan apakah Messi akan disambut gembira atau ejekan. Pelatih PSG, Christophe Galtier meyakini penyambutan terhadapi Lionel messi tak akan menemui masalah.

Dia yakin fans PSG akan tetap menerima Messi dengan baik. Tim nasional dan klub disebutnya beda masalah.

"Kami akan sangat gembira menyambut dia kembali. Dia akan gabung kembali dengan tim pada 3 Januari," kata Galtier seperti dikutip marca.

"Soal penyambutan di stadion, saya tak ragu kalau fans akan menyambutnya dengan gembira."

Kekalahan Pertama

PSG sebenarnya mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola mencapai 59 persen. Mereka juga melakukan lebih banyak percobaan tembakan sebanyak 16 kali dengan 6 yang berhasil mengarah ke gawang. (AP Photo/Thibault Camus)

Tanpa Lionel Messi, PSG langsung mengalami kekalahan pertama usai Tahun Baru. PSG takluk 1-3 dari RC Lensi yang tampil luar biasa.

Galtier mengaku sangat kecewa dengan kekalahan itu. Soalnya, dia menilai pemain sudah tampil bagus.

"Kami pantas menang. Kami kebobolan oleh dua gol yang harusnya bisa dihindari. Kami masuk dalam jebakan mereka, kami marah karena kebobolan dua gol itu," kata Galtier.

"Ini pertama kalinya saya melihat tim ini tak terorganisasi dengan baik. Saya masih tak tahu kenapa, namun kami akan bicarakan ini."

Kegiatan di Kampung Halaman

Mural pemain sepak bola Lionel Messi menghiasi kawasan Las Heras tempatnya tinggal di Rosario, Argentina, Rabu (14/12/2022). (AP Photo/Rodrigo Abd)

Lionel Messi masih menjadi pusat perhatian bagi warga Argentina, utamanya kampung halamannya di Rosario. Usai perayaan juara Piala Dunia 2022 dengan Argentina, Messi pulang ke Rosario atau tepatnya kota Funes untuk bertemu fans.

Di sana, sambutan warga Rosario begitu tinggi. Messi sampai kewalahan untuk merespon antusiasme tinggi warga Rosario dengan kedatangannya.

Karena itu, Lionel Messi harus meminta maaf kepada warga Rosario. Dia tak bisa menemui warga satu per satu bahkan tak bisa keluar dari rumahnya di Rosario karena warga masih saja berkerumun untuk memberikan selamat.

Di tengah antusiasme itu, Messi diundang ke rumah walikota Funes, Roly Santacroce. Dia mendapatkan plakat penghargaan sebagai warga terhormat berkat penampilannya di Qatar.

Pada momen inilah, Messi menggunakannya untuk sampaikan permintaan maaf.

"Ya, kami ingin mengucapkan salam kepada seluruh warga Funes atau Rosario secara umum. Kami ingin berterima kasih untuk cinta yang sudah ditunjukkan kepada kami, utamanya sekarang saat saya baru tiba dari Piala Dunia," kata Messi seperti dikutip Daily Mail.

"Maafkan kami karena terkadang sulit untuk bertemu semua orang. Kami bersama keluarga dan teman dalam beberapa hari, terkadang ini sulit."

Statistik Messi

Video mapping memperlihatkan gambar bintang sepak bola Argentina Lionel Messi dan Angel Di Maria di "Monumento Nacional a la Bandera" di Rosario, Senin (21/11/2022). Proyeksi tersebut mengulas gambar Messi di berbagai Piala Dunia yang dimainkan dari tahun 2006 hingga sekarang. (Marcelo Manera / AFP)

Mantan penyerang Barcelona ini tampil cukup impresif untuk juara Prancis selama musim 2022-23. Dia mencetak 12 gol dan mencatatkan 14 assist dalam 19 penampilan di semua kompetisi.

Messi memiliki tujuh gol dan 10 assist dalam 13 pertandingan Ligue 1 musim ini, sementara dia mencetak empat gol dan empat assist dalam lima pertandingan di babak penyisihan grup Liga Champions.

Namun, dipahami bahwa Messi sedang bersiap untuk menandatangani kontrak baru dengan PSG. Pemain Amerika Selatan itu telah mencetak 23 gol dan mencatatkan 29 assist dalam 53 penampilan untuk raksasa ibu kota di semua kompetisi, termasuk 13 gol dan 25 assist dalam 39 pertandingan Ligue 1.

PSG telah mengumpulkan 44 poin dari 16 pertandingan liga mereka musim ini, yang membuat mereka berada di puncak klasemen, unggul 8 poin dari Lens yang berada di posisi kedua.

Sumber: liputan6.com