HETANEWS.com - Brasil terus berjuang menjaga asa untuk mengangkat gelar juara keenamnya dalam ajang Piala Dunia Qatar 2022. Kali ini mereka berhadapan dengan tim kuat Kroasia di babak perempat final yang akan berlangsung di Stadion Education City, Jumat (9/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Tim Samba kirim sinyal kuat dalam turnamen ini dengan membantai 4-1 Korea Selatan di babak 16 besar. Sementara itu Kroasia singkirkan Jepang dalam drama adu penalti.

Untuk Piala Dunia kedua berturut-turut dan untuk ketiga kalinya dalam sejarah mereka, Kroasia akan bersaing di perempat final di panggung internasional terbesar setelah mengalahkan Jepang 3-1 melalui adu penalti di babak 16 besar pada Senin.

Richarlison saat menjalani sesi latihan jelang pertandingan lawan Kroasia. (REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Timnas Kroasia kala itu melalui Ivan Perisic membalas gol di babak pertama dari pemain Jepang, Daizen Maeda.

Kedua tim terpaksa melalui perpanjangan waktu dan kemudian adu penalti, tetapi The Checkered Ones julukan timnas Kroasia bisa menang dalam adu penalti setelah kiper Dominik Livakovic menyelamatkan tiga dari empat tendangan penalti Jepang untuk membantu tim asuhan Zlatko Dalic mendapatkan satu tempat mereka di babak delapan besar.

Kroasia tidak asing dengan drama di level tertinggi sepak bola internasional, karena mereka punya pengalaman melalui permainan perpanjangan waktu dalam tujuh dari delapan pertandingan sistem gugur terakhir mereka di turnamen besar sejak finis ketiga di final Piala Dunia pertama mereka tahun 1998 di Prancis.

Empat dari lima pertandingan sistem gugur terakhir Kroasia di Piala Dunia telah berlanjut ke perpanjangan waktu dan tiga di antaranya menang melalui babak adu penalti.

Satu-satunya kekalahan Kroasia dalam pertandingan sistem gugur selama menit bermain 90 menit saat tersingkir dari Prancis di final Piala Dunia 2018.

Luka Modric dkk tidak terkalahkan dalam 10 pertandingan internasional terakhir mereka dan hanya kalah sekali dari 20 pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi sejak Euro 2020. Tetapi langkah impresif ini akan diuji oleh tim papan atas Brasil yang akan bertanding di pada Jumat mendatang.

Luka Modric dkk saat melakukan latihan jelang pertandingan Kroasia Vs Brasil. (Reuters/Suhaib Salem)

Sementara itu permainan Brasil yang cukup dominan biasa dilihat oleh penggemar sepak bola di seluruh dunia ketika juara dunia lima kali itu mendepak Korea Selatan. Itu terlihat saat tim asuhan Tite itu melaju ke perempat final berkat kemenangan meyakinkan 4-1 bebak 16 besar terakhir pada Senin kemarin.

Selecao melaju untuk memimpin empat gol dalam 36 menit pertama melalui Vinicius Junior, Neymar, Richarlison dan Lucas Paqueta semuanya masuk dalam daftar pencetak gol, sebelum dibalas gol hiburan melalui Paik Seung-ho membuat suporter Korea Selatan bersorak.

Keperkasaan permainan Brasil tak terlepas dari penampilan Richarlison yang telah mencetak 3 gol, satu gol dilesakkan melalui tendangan akrobatik di babak penyisihan grup. Tetapi lebih dari itu dia bisa membuktikan bahwa pelatih Tite tidak salah membawanya untuk mengisi posisi striker di Qatar.

Saat ini Brasil memiliki kepercayaan diri yang cukup tinggi usai melaju ke babak perempat final Piala Dunia ketujuh berturut-turut. Tetapi mereka harus waspada saat rekor terakhir mereka selalui tersisih di babak perempat final dalam tiga dari empat edisi Piala Dunia terakhir.

Masing-masing kalah dari trio Eropa dari tim Prancis, Belanda dan Belgia masing-masing pada tahun 2006, 2010 dan 2018. Sejak mengalahkan Jerman 2-0 di final Piala Dunia 2002, Brasil selalu kalah dalam lima pertandingan sistem gugur terakhir mereka melawan negara-negara Eropa di kompetisi tersebut.

Namun, Selecao tidak pernah kalah dalam empat pertemuan sebelumnya dengan Kroasia, sementara kekalahan 1-0 di babak penyisihan grup dari Kamerun pekan lalu adalah satu-satunya kekalahan mereka dalam 19 pertandingan internasional terakhir mereka yang menjadi pertanda baik menuju pertandingan lawa Kroasia hari Jumat.

Perkiraan susunan pemain Kroasia vs Brasil

Kroasia

Livakovic; Juranovic, Lovren, Gvardiol, Sosa; Kovacic, Brozovic, Modric; Kramaric, Petkovic, Perisic
Pelatih: Zlatko Dali?

Brasil

Alisson; Militao, Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Casemiro, Paqueta; Raphinha, Neymar, Vinicius Jr; Richarlison
Pelatih: Adenor Leonardo Bacchi (Tite)

Sumber: indozone.id