JAKARTA, HETANEWS.com - Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengungkapkan Koalisi Perubahan segera mendeklarasikan diri. Koalisi Perubahan terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ahmad Ali menyebut pembahasan antara ketiga partai dalam Koalisi Perubahan sudah mencapai kesepakatan.

"NasDem semakin optimis bahwa koalisi NasDem, koalisi Perubahan itu akan segera diumumkan," kata Ahmad Ali, saat di konfirmasi di kutip Kamis (8/12).

"Melihat animo masyarakat, melihat elektabilitas NasDem semakin menjauh, yang cenderung selalu naik dari setiap survei yang dilakukan oleh lembaga-lembaga survei, walaupun oleh lembaga survei itu kita tidak kenal, tentunya dengan modal itu menjadi magnet tersendiri bagi partai-partai politik," ucapnya.

Keyakinan Koalisi Perubahan untuk mendeklarasikan diri turut dipicu elektabilitas Anies Baswedan. Menurut Ahmad Ali, elektabilitas Anies terus meningkat setelah dideklarasikan sebagai calon presiden di Pilpres 2024 oleh NasDem.

Kendati demikian, dia enggan membocorkan kapan dan di mana deklarasi Koalisi Perubahan akan digelar. Dia menyebut, saat ini pihaknya tengah menyepakati tanggal yang tepat untuk deklarasi.

"Deklarasi bersama-sama, NasDem dan PKS dan Demokrat, tahapan-tahapan platform, penyusunan platform dan lain-lain, yang sekarang sedang dicocokkan adalah waktu untuk melakukan deklarasi. Jadi saya pikir menunggu waktu yang pas, timing yang pas," imbuh Ahmad Ali.