SOLO, HETANEWS.com - Putra pertama Presiden Joko Widodoi, Gibran Rakabuming Raka menegaskan bahwa tidak pernah ada sumbangan saat orang Presiden menikahkan semua anaknya. Termasuk saat menikahkan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Hal itu disampaikan oleh Gibran Rakabuming Raka, menjawab tudingan dari warganet yang mempertanyakan total sumbangan yang didapat Jokowi saat menikahkan anaknya.

"Menjabat dua periode, Presiden Jokowi mantu 3 kali. Kira² total sumbangan yang didapat berapa?" demikian ujar warganet @abdulxxx.

Gibran menjawab tegas bahwa tidak ada sumbangan sama sekali, bersamaan dengan melampirkan potongan sebuah berita yang mendukung pernyataannya.

Penegasan itu juga tertuang dalam undangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang sempat tersebar. Dalam undangan itu terdapat tulisan pemberitahuan ‘Tanpa mengurangi rasa hormat, Mohon maaf kami tidak menerima sumbangan dalam bentuk apa pun’. Pemberitahuan tersebut tertulis di bagian bawah kartu akses masuk di dalam surat undangan resepsi pernikahan Kaesang dan Erina.

Alasannya sendiri adalah demi menghindari gratifikasi yang rawan terjadi ketika pejabat menggelar hajatan. Gibran juga sempat mengakui keluarganya tak menerima sumbangan karena tidak ingin menyusahkan para tamu.

”Kami nggak mau merepotkan tamu yang kita undangan, kita didatangi tamu undangan bisa rawuh (datang) aja sudah seneng,” katanya.

Hal serupa sebenarnya juga telah dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menikahkan anaknya. SBY menegaskan bahwa pihaknya tidak menerima bingkisan atau hadiah saat menikahkan anaknya Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dengan Putri Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Siti Ruby Aliya Rajasa.

SBY mengaku tidak ingin terkena fitnah yang berkaitan dengan gratifikasi. Sehingga ia meminta undangan yang hadir tidak memberikan hadiah dalam bentuk apapaun.

Juru Bicara Presiden Julian Adrin Pasha mengungkapkan dalam undangan yang dibagikan, sudah tertulis agar para tamu tidak membawa bingkisan bentuk apapun. Panitia juga tidak memberikan ruang buat penerimaan kado atau berbagai suvenir lainnya.