SIMALUNGUN - Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga dilantik sebagai Ketua Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (GPMB) oleh Ketua GPMB Provinsi Sumatera Utara Nawal Lubis.

Ratnawati dilantik bersama pengurus GPMB Simalungun di Gedung Serbaguna Islamic Centre Simalungun, Perdagangan, Rabu (07/12/2022).

Pada kesempatan itu, Nawal mengajak pengurus GPMB membangun perpustakaan di desa-desa sebagai pusat belajar dan menggali ilmu pengetahuan.

"Dengan hadirnya perpustakaan di desa, juga akan berdampak timbulnya minat baca anak-anak sejak dini. Pastinya dengan membaca buku mereka bisa menambah pengetahuan tentang dunia luar, meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berbicara mereka," kata Nawal.

"Saya tadi mendengar dari Kepala Dinas Perpustakaan Simalungun masih ada anak kelas 3 SMP yang buta baca, ini tanggung jawab kita bersama," katanya menambahkan.

Nawal berharap dengan hadirnya GPMB di Kabupaten Simalungun mampu meningkatkan minat baca masyarakat.

"Saya berpesan kepada pengurus yang baru dilantik untuk menjalin kerja sama dengan perangkat desa dan perpustakaan, untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masa depan yang gemar membaca, yang dimulai dari desa menuju perkotaan," ucapnya.

Ketua GPMB Kabupaten Simalungun Ratnawati Sidabutar dalam sambutannya mengatakan, pengurus GPMB yang baru dilantik mempunyai tanggung jawab besar meningkatkan minat baca anak -anak di Simalungun.

"Simalungun ini luas, ada 32 Kecamatan, ini tanggung jawab kita bersama pengurus GPMB yang dilantik hari ini. Dilantik sebagai ketua bukan gampang, tidak seperti membalikkan tangan. Karena kabupaten Simalungun ini sangat luas," katanya.

Ratnawati, yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Simalungun ini berharap peran serta semua pihak untuk bekerja sama meningkatkan budaya baca masyarakat di Kabupaten Simalungun.

Sebab, kata dia, generasi gemar membaca menjadi tonggak pembangunan SDM yang berkualitas secara berkelanjutan.

"Kepada seluruh camat, pangulu yang ada di Nagori masing-masing, mari kita bekerja sama agar anak-anak kita kedepannya tidak ada lagi yang tidak bisa membaca," ajaknya.

Tidak hanya itu, dia juga mengajak para orang tua agar tetap aktif mendampingi dan mengawasi anak-anak belajar.

Ratnawati juga mendorong para Guru agar segera berkonsultasi kepada orangtua siswa jika menemukan murid yang belum mampu membaca.

"Anak - anak kita itu tidak sepenuhnya tanggungjawab guru di sekolah, pemerintah setempat maupun kami panitia yang dilantik. Akan tetapi itu semua tanggungjawab kita terkhusus orang tua yang di mana harus lebih aktif," terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Nawal Lubis menyerahkan buku kepada Ketua GPMB Kabupaten Simalungun Ratnawati Sidabutar.