MEDAN,HETANEWS.com - Pemerintah Provinsi Sumatra Utara melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan menggelar mudik gratis Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Sumut, Yunus Pasodung mengungkapkan, mudik gratis Nataru ini akan menyediakan 25 bus untuk 1.000 warga yang akan mudik ke kampung halaman.

Mereka akan diberangkatkan pada tanggal 22 Desember 2022.

"Perkiraan 1000 orang, ada sekitar 25 bus dengan kapasitas 40 seat. 25 kali 40 seat, jadi 1000 penumpang," kata Yunus, Rabu (7/12/2022).

Yunus menuturkan, program ini merupakan gagasan dari Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Program ini bertujuan untuk membantu dan meringankan beban masyarakat akan pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga.

Dikatakannya, mudik gratis ini akan dilepas langsung oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Kadishub Sumut, Supriyanto di depan Kantor Gubernur Sumut, di Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan.

"Dilepas langsung oleh bapak Gubernur. Bus kita kumpulkan di depan Kantor Gubernur Sumut di jalan utama," sebut Yunus.

Untuk rute mudik gratis Nataru, Kota Medan ke Kabupaten Tapanuli Utara, Kota Medan ke Kabupaten Samosir, Kota Medan ke Kabupaten Dairi, Kota Medan ke Kabupaten Mandailing Natal, Kota Medan ke Kabupaten Langkat.

Yunus menjelaskan Pemprov Sumut melalui Dishub Sumut hanya memfasilitasi mudik gratis Nataru saat berangkat saja.

"Untuk balik ke Medan tidak kita fasilitasi. Kita mudiknya (pergi) aja, belum tentu dengan waktu bersamaan juga mereka kembali ke Medan," ujar Yunus.

Untuk lokasi pendaftaran mudik gratis ini, Yunus mengatakan akan digelar di Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris, Kantor Dishub Sumut di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan dan Plaza Medan Fair di Jalan Gatot Subroto, Kota Medan.

"Pendaftaran sudah saya rapat, belum final. Rencananya, pendaftaran di Terminal Amplas, Terminal Pinang Baris, kita juga akan mengambil di inti kota. Apakah di Kantor Dishub Sumut atau Plaza Medan Fair. Tapi, ini belum final," ucap Yunus.

Ia mengatakan untuk pendaftaran hanya menggunakan KTP dan sasaran warga akan diberangkatkan mudik gratis seperti masyarakat umum hingga mahasiswa.

"Masyarakat siapa saja, yang ingin pulang kampung dan ingin mendapatkan bantuan dari Pemprov Sumut, silakan daftar saja," pungkasnya.