SIANTAR - Pemko Pematang Siantar siap menjalankan arahan pemerintah pusat dalam Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD).

Hal itu disampaikan Wali Kota Susanti Dewayani usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional P2DD Tahun 2022, di Ballroom Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Rakornas mengambil tema akselerasi digitalisasi transaksi pemerintah daerah dalam hal ini mendukung pemulihan ekonomi dan pengelolaan keuangan daerah yang lebih akuntabel.

Dikatakan P2DD ini mampu menekan inflasi dan mempercepat laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Usai menghadiri kegiatan tersebut, Susanti Dewayani menyampaikan kesiapan Pemko Pematang Siantar dalam menjalankan arahan pemerintah pusat.

Pihaknya, kata Susanti, melalui Satuan Tugas P2DD telah menginisiasi langkah nyata untuk mempercepat implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) dan mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital masyarakat.

“ TP2DD dibentuk sebagai dorongan dalam mengimplementasikan ETPD serta mendukung program digitalisasi pembayaran transaksi masyarakat, keuangan inklusif dan ekonomi, serta keuangan digital yang merupakan target bersama oleh pemerintah," kata Susanti dalam keterangan Diskominfo Siantar.

"Sehingga dengan adanya roadmap ini menjadi fokus bersama dalam menjalankan pekerjaan rumah di masyarakat,” tutur dr Susanti.

Program kerja Satgas P2DD akan diarahkan untuk mendorong peningkatan pemanfaatan kanal pembayaran digital dan kerja sama pemda dengan berbagai platform digital dalam hal pemungutan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD), yang akan berdampak signifikan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu, lanjut dr Susanti, Pemko Pematang Siantar terus mendukung dan berkoordinasi terkait implementasi ETPD yang memiliki peran strategis dalam percepatan digitalisasi daerah.

Selain itu, diharapkan dukungan agar dapat mendorong percepatan implementasi ETPD, baik dari sisi pendapatan maupun pengeluaran, sehingga turut mendorong pertumbuhan ekonomi di kota Pematang Siantar.