JATENG, HETANEWS.com - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri launching 100 Paket Wisata Dalam Negeri (Pak Wisnu) di Kemenparekraf, Senin (5/11/2022). Foto: Dok. Istimewa

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengajak masyarakat seluruh Indonesia berwisata dalam negeri menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu dilakukan untuk membangkitkan geliat pariwisata nasional.

"Kita bangun optimisme, dan beberapa waktu lalu Pak Presiden bilang, 'pikniknya di dalam negeri dong'," kata Ganjar saat menghadiri launching 100 Paket Wisata Dalam Negeri (Pak Wisnu) di Gedung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Jakarta, Senin (5/12/2022).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pemda bersama Kemenparekraf juga berkolaborasi meningkatkan geliat wisata dalam negeri. Salah satunya melalui launching 100 Paket Wisata Dalam Negeri (Pak Wisnu).

Untuk Jateng, ada paket wisata yang masuk dalam daftar Pak Wisnu, yakni Wisata Religi Ziarah Walisongo, One Day Tour Solo Jeep Adventure and Shopping, dan Private Trip Mountain Merbabu.

"Senang, saya bisa diajak diskusi dan mempromosikan tiga masing-masing di provinsi sebagai satu destinasi untuk wisata lokal. Pak Wisnu, paket wisata nusantara," ujar Ganjar.

  • Jateng Kolaborasi Paket Wisata dengan Daerah Lain

Ganjar pun memastikan Jateng mengambil peran dalam kolaborasi pariwisata dengan daerah lain. Ganjar mencontohkan, salah satunya adalah wisata religi ziarah Walisongo.

"Tentu kita tidak stand alone, Jateng, tapi kita berkolaborasi dengan tempat yang lain. Maka, tadi kita tawarkan, umpama yang religi, sunan-sunan yang ada. Mulai dari Cirebon, Jateng, sampai Jatim satu paket," tuturnya.

Ganjar berharap, Pak Wisnu bisa menjadi penunjang untuk memenuhi target pergerakan wisatawan mencapai 1,4 miliar pada 2023. Target tersebut meningkat dari sebelumnya dengan 700 juta pergerakan wisatawan nusantara tahun 2022.

Sebab itu, Ganjar menyebut kehadiran Pak Wisnu menjadi bagian semangat liburan nataru. Ganjar pun kembali mengajak masyarakat untuk liburan di Indonesia saja.

"Jadi, menurut saya ini bagian dari kita menyemangati menjelang libur Nataru, piknik di Indonesia saja," tandasnya.

Presiden Jokowi telah mengimbau pemda mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri agar tidak terjadi defisit di sektor wisata.

"Sekali lagi, tolong masyarakat diajak. Pak Gubernur, Pak Bupati, Pak Wali Kota, ajak masyarakat untuk berwisata di dalam negeri saja," kata Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (29/9).