HETANEWS.com - Berikut tiga pelatih yang paling populer sebagai kandidat pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman setelah Piala Dunia 2022. Skuad Der Panzer mengalami nasib memilukan sekaligus memalukan di Qatar karena tersingkir cepat di fase penyisihan grup.

Padahal, mereka adalah salah satu tim kandidat juara yang diharapkan bisa melaju jauh di edisi Piala Dunia kali ini. Hanya saja, penampilan Jamal Musiala dkk ternyata tidak cukup impresif untuk mencapai putaran 16 besar.

Finis di peringkat tiga klasemen Grup E, mereka harus merelakan tiket fase gugur jatuh ke tangan ke Jepang dan Spanyol. Setelah kegagalan di Piala Dunia 2022 ini, nasib Hansi Flick di Timnas Jerman pun mau tidak mau jadi pertanyaan.

Meski baru sebentar menjabat dan masih layak mendapat lebih banyak waktu untuk berbenah, hasil di Piala Dunia 2022 nampak terlalu memalukan bagi sebagian pihak.

Apalagi, Timnas Jerman berangkat ke Qatar dengan bekal buruk kegagalan di Rusia 2018. Alih-alih memperbaiki reputasi, mereka malah makin terpuruk. Hansi Flick mungkin masih akan diberi kans oleh DFB untuk membenahi apa yang salah dengan timnas sepak bola mereka.

Terlebih, Jerman saat ini sedang bersiap-siap menjadi tuan rumah Euro 2024. Akan tetapi, jika memang ia akan diganti, kira-kira siapa yang bisa menjadi penerusnya, apalagi usai kekacauan di Piala Dunia 2022 ini?

Para Calon Pengganti Hansi Flick

Jurgen Klopp

Nama yang sedang santer digadang-gadang sebagai kandidat terkuat pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman setelah Piala Dunia 2022. Jurgen Klopp pun bukan pelatih yang asing dengan sepak bola Jerman, lantaran pernah membesut Mainz 05 dan Borussia Dortmund sebelum pindah ke Liverpool.

Ia juga lahir di negara ini dan tumbuh dewasa sebagai pemain di klub-klub seperti Mainz 05, Eintracht Frankfurt, dan Rot-Weiss Frankfurt. Akhir masa-masa emasnya bersama Liverpool pun sudah nampak di depan mata.

Akan tiba saatnya Jurgen Klopp bakal hengkang dan membawa tim lain menuju kesuksesan. Hanya saja, pelatih yang satu ini sangat loyal kepada Liverpool dan mungkin akan sulit membajaknya sampai kontraknya berakhir pada 2024.

Ditambah, sang agen belum lama ini mengatakan bahwa kliennya bakal memenuhi kewajibannya di Liverpool sampai akhir, sehingga wacana menangani Timnas Jerman dalam waktu dekat agaknya sulit terwujud.

Thomas Tuchel

Kandidat lain yang tidak kalah potensial dibanding Jurgen Klopp, meski bisa dibilang hanya jadi yang kedua di daftar ini. Baru saja dipecat oleh Chelsea, Thomas Tuchel tanpa perlu bersusah payah membuktikan bahwa The Blues ternyata tidak lebih baik setelah ditinggal olehnya.

Mereka justru makin terseok-seok di tangan Graham Potter. Ketimbang bakat dan keahlianya tidak terpakai, Timnas Jerman pun bisa memanfaatkannya.

Mauricio Pochettino

Seperti Thomas Tuchel, Mauricio Pochettino sejatinya punya keunggulan dibanding Jurgen Klopp di daftar calon pengganti Hansi Flick karena saat ini sedang menganggur.

Akan lebih mudah untuk merekrutnya masuk alih-alih membujuk Jurgen Klopp yang masih bekerja dan lebih sangat setia kepada Liverpool. Dari segi pengalaman, ia tentu saja tidak perlu diragukan lagi.

Pernah menangani Totenham Hotspur dan PSG, Mauricio Pochettino punya rapor yang tidak buruk. Ia bahkan berhasil mengubah Spurs menjadi salah satu kekuatan yang diperhitungkan di Liga Inggris.

Sumber: indosport.com