SIMALUNGUN - Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Sumut meluncurkan aplikasi yang dinamai 'Disumutaja'. Aplikasi ini menyediakan informasi kepariwisataan dari akomodasi hingga kalender event.

Saat ini aplikasi tersebut hanya dapat diunduh melalui google play store bagi pengguna android.

Kepala Seksi Promosi Pariwisata, Dedi Arian Rizki Siregar mengatakan aplikasi tersebut dibuat untuk mempermudah wisatawan memperoleh berbagai informasi wisata di Sumut.

"Untuk itu, kami akan bersinergi dengan instansi dinas pariwisata terkait di kabupaten/kota yang nantinya bekerja sama untuk pengembangan informasi kepariwisataan yang berkelanjutan, " kata Dedi saat launching aplikasi di Pantai Bebas Parapat, Sabtu (3/12/2022).

Dedi menambahkan, aplikasi tersebut juga sebuah strategi promosi untuk menggiatkan dan menggairahkan kembali dunia usaha pariwisata di Sumatera Utara.

Selain itu membentuk citra positif pariwisata yang ramah dan aman bagi wisatawan sehingga wisatawan yang datang dapat berwisata dengan aman.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun, M Fikri Fanani Damanik menyampaikan terima kasih telah memilih Simalungun sebagai tempat launching aplikasi Pariwisata Sumatera Utara.

Dirinya berharap para stakeholder terlibat berperan aktif dalam memajukan kepariwisataan di Sumut.

Ditemui terpisah, Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumut Kus Endro mengakui informasi berbasis aplikasi tersebut sangat bermanfaat terhadap perkembangan informasi kepariwisataan.

HPI Sumut, kata Kus, mengapresiasi program aplikasi sejak soft launching di Medan dan kini resmi dilaunching di Parapat.

"Kita berharap pengisian kontennya diefektifkan dengan memberdayakan pelaku lokal di masing masing kabupaten kota, sehingga nanti sistemnya kita satu admin dengan kurasi oleh masih masing komunitas pariwisata termasuk HPI Sumut," ucapnya.

Aplikasi Disumutaja menyediakan banyak informasi kepariwisataan antara lain: akomodasi, informasi dan pemandu wisata, kuliner, perhotelan, objek wisata, budaya, ekraf dan kalender event.