SIANTAR - Wisuda Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) yang dilaksanakan Jumat (2/12/2022) di Kantor Perwakilan Bank Indonesia menjadi moment yang sangat penting bagi pelaku UMKM. Dimana 30 WUBI sudah berhasil menjalankan semua tantangan dari Tim Integrated Mindset Unique Talent and Spiritual (IMUTS).

Selama lebih kurang 10 bulan para enterpreneur diberikan edukasi tentang kewirausahaan untuk tetap tangguh dan terus maju, terus berkarya dan pantang menyerah serta selalu berpikiran positif untuk mengembangkan usahanya.

Program tahunan Bank Indonesia tersebut merupakan langkah tepat untuk merubah mindset para pelaku usaha khususnya di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar Siantar.

Puncak Wisuda, terpilih 3 terbaik WUBI Batch II tahun 2022. Terbaik I-III : Chankir Labura, LPK Anugerah Siantar dan Omah Telur 49 Asahan.

Sebanyak 30 WUBI dari 8 kabupaten/kota wilayah Kerja Bank Indonesia Pematangsiantar yang meliputi Siantar, Simalungun, Batu Bara, Tanjung Balai, Asahan, Labuhan Batu, Labura dan Labusel berhasil mengikuti pelatihan selama 10 bulan. WUBI diharapkan menjadi lebih baik dalam mengolah dan memasarkan hasil produksinya.

Chandra Kirana (Chankir), merasa sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan kepadanya. Mengikuti program Wirausaha dari Bank Indonesia menjadikan dirinya lebih percaya diri untuk terus berkarya, berinovasi mengembangkan usahanya.

"Dulunya hanya memiliki usaha papan bunga, Kini produk Chankir Labura yang memproduksi Syrup dengan berbagai varian rasa sudah bisa go keluar daerah. Terima kasih buat semua pihak yang sudah mengedukasi, memberikan semua kesempatan dan dukungan kepada saya," ungkapnya.

Selain itu wisudawan lainnya Roy Purba, pemilik Dear Coffee Siantar juga merasakan hal yang berbeda setelah terpilih menjadi salah satu dari 30 WUBI Batch II. Pendapatannya lebih meningkat karena dapat dipasarkan secara online.

"Kami bukan saja diedukasi untuk memadatkan produk kami, tetapi kami juga diajarkan tentang pembukuan secara digital. Sehingga kami para UMKm siap go digital meningkatkan perekonomian," katanya bangga.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Pematangsiantar Teuku Munandar bersama Walikota Susanti Dewayani mengucapkan selamat kepada 30 wisudawan/ti WUBI Batch II. Semoga lulusan WUBI dapat terus mengembangkan usahanya.

Karena setelah wisuda, Bank Indonesia tetap memantau para UMKM tersebut yang diharapkan bisa naik kelas. "Tak hanya go digital tapi haru go Eksport," kata Munandar.