TAPSEL, HETANEWS.com - Satu unit truk tangki bermuatan bahan bakar minyak (BBM) terbalik ke areal kebun salak di Jalan Lintas Tengah Sumatera, KM 08-09, Padangsidimpuan- Sibolga, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Kecelakaan itu diduga terjadi akibat rem pada truk tangki tersebut tiba-tiba tak berfungsi.

Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Sofyan Helmi Nasution membenarkan insiden tersebut. Ia menyebut, meski truk terbalik, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

"Saat ini, petugas sedang melakukan koordinasi dengan pihak pengangkutan BBM, untuk memindahkan muatan BBM dari mobil (truk) tangki yang terbalik," kata Sofyan dalam keterangannya, Kamis (1/12/2022).

Sofyan menyebutkan kecelakaan itu terjadi pada Kamis sore persisnya terjadi di Dusun I Huta Koje, Desa Parsalakan, Kecamatan Angkola Barat, Kabupaten Tapsel. Kejadian bermula, saat truk tangki itu datang dari arah Sibolga menuju Padangsidimpuan. Setiba di lokasi, sistem rem truk tangki itu tiba-tiba tak berfungsi.

"Setiba di TKP, pengemudi truk, Rizki Anwar Siregar, 30 tahun, warga Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, mendadak panik. Sebab, sistem pengereman truknya tidak berfungsi," ujar Sofyan.

Di tengah suasana genting, Rizki yang saat itu bersama keneknya, Nardo Simamora, mengambil keputusan berat. Ia mengarahkan truk yang dikemudikannya ke sebelah kanan jalan, arah ke Padangsidimpuan.

Akibatnya, truk tersebut terbalik persis di areal kebun salak milik warga. Truk yang menerobos kebun, mengakibatkan sejumlah batang pohon Salak dan pinang rusak.