WASHINGTON DC, HETANEWS.com - Intelijen Rusia rupanya sempat membahas masalah nuklir dan Ukraina dengan Badan Intelijen Pusat AS (CIA). Kepala intelijen luar negeri Rusia Sergei Naryshkin mengaku membahas kedua isu tersebut dengan Direktur CIA William Burns awal bulan ini.

Hal tersebut disampaikan Naryshkin dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Rabu (30/11/2022), sebagaimana dilansir Reuters. Naryshkin menuturkan, dia dan Burns bertemu di Turkiye pada 14 November.

Pertemuan tersebut merupakan kontak tatap muka tingkat tertinggi antara kedua belah pihak sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari. Sebelumnya, Rusia selalu tidak mengomentari apa yang dibahas, dengan beralasan bahwa pokok bahasan itu sensitif.

Di sisi lain, Washington mengatakan Burns menyampaikan peringatan tentang konsekuensi penggunaan senjata nuklir oleh Rusia. Sementara itu, Kuasa Usaha Kedutaan AS di Moskwa Elizabeth Rood mengatakan kepada kantor berita Rusia RIA pada pekan ini bahwa Burns tidak merundingkan apa pun.

Dia menambahkan, Burns juga tidak membahas penyelesaian konflik di Ukraina. Di satu sisi, Naryshkin mengatakan kepada RIA bahwa pihaknya mengonfirmasi pertemuannya dengan Burns.

“Selain itu, saya dapat mencatat bahwa kata-kata yang paling sering digunakan pada pertemuan ini adalah stabilitas strategis, keamanan nuklir, Ukraina, dan rezim Kyiv,” ucap Naryshkin.

Dia juga membenarkan komentar Rood bahwa kedua negara memiliki saluran untuk mengelola risiko. Dan jika perlu untuk percakapan seperti itu lagi, itu bisa terjadi.

Sumber: kompas.com