MEDAN,HETANEWS.com - Ada yang menarik dari kunjungan rombongan Study Best Practice Kota Bukittinggi ke Kota Medan.

Ternyata salah satu program unggulan Wali Kota Medan Bobby Nasution terkait dengan program UHC yang mensyaratkan hanya menggunakan KTP Medan warga bisa berobat kerumah sakit mendapat perhatian dari salah satu peserta Study Best Practice.

Hal ini terungkap ketika Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Arrahman Pane yang menyambut kehadiran rombongan Study Best Practice di Aula Kantor, ditanyain salah satu peserta yang merupakan wartawan yang bertugas di Kota Bukittinggi terkait Program tersebut, Kamis (1/12/2022).

"Mulai tanggal 1 Desember 2022 yang bertepatan jatuh pada hari ini, seluruh masyarakat yang memiliki KTP Kota Medan sudah dapat berobat ke rumah sakit hanya menggunakan KTP. Artinya saat ini seluruh masyarakat sudah terdata di BPJS, sehingga seluruhnya dapat berobat kerumah sakit cukup menggunakan KTP," Jelas Arrahman Pane.

Menurut Kadis Kominfo, ini merupakan program unggulan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk warga Kota Medan.

Dijelaskan Arrahman Pane meskipun warga tersebut tidak memiliki kartu BPJS atau memiliki tunggakan di BPJS tetap akan dilayani dan mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit.

"Warga yang tidak memiliki kartu BPJS atau memiliki tunggakan BPJS tetap dapat berobat. Yang terpenting warga tersebut memiliki KTP Medan. Nantinya mereka akan masuk ke kelas III dan tidak boleh naik kelas," Sebut Kadis Kominfo.

Setelah menjawab pertanyaan dari wartawan peserta Study Best Practice, Arrahman Pane mengaku terkejut ternyata program unggulan Pak Bobby Nasution ini menjadi perhatian warga di luar Kota Medan bahkan diluar Sumut.

"Tadi rekan wartawan yang termasuk dalam rombongan Study Best Practice menanyai program tersebut, dalam hati saya terkejut ternyata mereka mengetahuinya. Kita berharap program unggulan pak Bobby Nasution di bidang kesehatan ini dapat menjadi contoh untuk daerah lainnya," paparnya.

Selain program unggulan berobat hanya menggunakan KTP, Arrahman Pane juga menyampaikan lima program prioritas Bobby Nasution yakni bidang kesehatan, bidang Infrastruktur, bidang kebersihan, penanganan banjir dan Pemberdayaan UMKM.

"Seluruh program prioritas pak Wali Kota Medan Bobby Nasution ini kita sampaikan kepada rekan-rekan wartawan dan mengajak mereka untuk melakukan pemberitaan secara masif untuk mewujudkan program tersebut," Ujar Arrahman Pane.

Sebelumnya Pemko Medan melalui Dinas Kominfo Kota Medan menerima kunjungan rombongan Study Best Practice dari Dinas Kominfo Kota Bukittinggi dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bukittinggi di aula kantor Dinas Kominfo.

Selain bersilaturrahmi kunjungan ini juga untuk pembelajaran dan saling bertukar informasi khususnya terkait dengan kerjasama di bidang jurnalistik.

Kehadiran rombongan Study Best Practice ini diterima Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kadis Kominfo Arrahman Pane. Hadir Kadis Kominfo Kota Bukittinggi Erwin Umar sebagai Pimpinan rombongan, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Bukittinggi Anasrul dan Kabid Komunikasi Publik Dinas Kominfo Muhammad Riski Husni.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Program ,