SIMALUNGUN - Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi menghadiri peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) ke-77 Kabupaten Simalungun di Gedung Putra Solo, Gang H Ibrahim Siregar Pematangsiantar, Rabu (30/11/2022).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Simalungun menyampaikan bahwa selamat Hari Guru Nasiola dan HUT PGRI ke-77 Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan oleh PGRI Simalungun.

“Peran guru sangat strategis, karena guru mempengaruhi kehidupan bangsa dan Negara. Bahkan mempengaruhi peradaban di dunia ini”,kata Wakil Bupati.

Untuk itu, Wakil Bupati menyampaikan sangat senang dapat menghadiri peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-77 dan bangga mengenakan pakaian kebesaran PGRI. “Ini artinya bahwa badan dan jiwa kami ada bersama bapak ibu sekalian,”ujanya.

Disampaikan Wakil Bupati, pasca kemerdekaan Republik Indonesia, guru ditempatkan di posisi yang sangat strategis, karena di dalam UUD 1945 salah satu tujuan berdirinya NKRI adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. “Para guru harus tahu ini, demikian juga posisinya sebagai guru,”ucapnya.

Kemudian, dalam sambutan itu Wakil Bupati menyampaikan kepada para guru, bahwa para guru adalah inspirator dan pendidik. “Orang yang di guguh dan di tiru oleh anak didik. Kemampuan dan prilaku para guru menjadi tuntunan bagi anak-anak kita,”sebutnya.

“Ditangan bapak ibu terletak masa depan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa ini kedepan. Anak yang beriman dan berakhlak mulia, cerdas dan terampil itu ada ditangan para bapak dan ibu sekalian,”kata Wakil Bupati.

Oleh karena itu, Wakil Bupati meminta kepada para guru untuk senantiasa meng-update ilmu pengetahuannya untuk ditularkan kepada anak-anak peserta didik. “Berikanlah yang terbaik untuk anak-anak peserta didik kita,”pungkas Wakil Bupati.

Selanjutnya Wakil Bupati menyampaikan, Kabupaten Simalungun salah satu daerah terbesar di Sumatera Utara, namun saat ini kualitas pendidikan di Simalungun masih rendah.

“Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kualitas pendidikan di Simalungun, harus ada terobosan kita untuk peningkatakan kualitas pendidikan ini. Ini menjadi tugas kita bersama, kita jadikan Simalungun menjadi daerah pendidikan yang berkualitas,”ajak Wakil Bupati.

Sebelumnya Ketua Panitia Exaudi Nababan, dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan i Hari Guru Nasional dan HUT PGRI untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan sekaligus untuk memupuk rasa kebersamaan dalam organisasi profesi di kalangan para pendidik dan tenaga kependidikan.

Disamping itu, Exaudi menyampaikan kegiatan ini juga bertujuan untuk peningkatan kwalitas pendidikan di Kabupaten Simalungun serta mempererat persaudaraan dan kerjasama tentang kinerja yang lebih kondusif.

Di acara Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-77 Kabupaten Simalungun tahun 2022 yang mengusung tema "Guru Bangkit Pulihkan Pendidikan" dilakukan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba sekolah terbaik, guru berprestasi dan lomba cerdas cermat tingkat SLTP.