SIMALUNGUN - Terkait penyediaan data statistik terutama statistik sektoral untuk perencanaan dan evaluasi pembangunan dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, serta amanat kepala BPS sebagai pembina statistik sektoral dan pembina data statistik, di perlukan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) melalui Peraturan BPS No. 3 Tahun 2022.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Simalungun menggelar pelatihan Tim Penilai Internal (TPI) dan sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Kabupaten Simalungun Tahun 2022, yang dibuka secara resmi oleh Bupati Simalungun diwakili oleh Sekda Esron Sinaga, di Siantar Hotel Pematangsiantar, Kamis (1/12/2022).

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan Sekda menyampaikan EPSS bertujuan untuk mengukur pencapaian penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan daerah, meningkatkan kualitas pelayanan publik dibidang statistik.

Hasil penyelenggaraan EPSS diharapkan akan bermanfaat memberikan informasi kinerja, meningkatkan pembangunan statistik yang berkualitas dan menjadi dasar untuk skala prioritas pembinaan statistik sektor pada instansi pemerintah daerah.

Untuk menyukseskan EPSS diperlukan persiapan dan dukungan dari berbagai pihak terutama pemerintahan daerah, untuk menetapkan Tim Penilai Internal (TPI) serta Tim Penilai Badan (TPB) dari BPS.

Kepada seluruh perangkat daerah dan TPI nantinya, Bupati menghimbau untuk bekerja penuh tanggungjawab dan tetap berkoordinasi dan bekerjasama dengan semua stakeholder tentang penyelenggaraan statistik sektoral sehingga hasilnya dapat bermanfaat untuk evaluasi dan perencaan pembangunan kedepan.

Sebelumnya Sutan Siregar selaku Ketua Panitia dari BPS Simalungun menyampaikan bahwa pelatihan TPI dan sosialisasi EPSS diikuti sebanyak 50 orang peserta terdiri dari 35 orang berasal dari Dinas Perangkat Daerah Kabupaten Simalungun dan 15 orang dari BPS Simalungun.

Sebagai narasumber dalam kegiatan itu adalah Kepala BPS Simalungun Marini Suhadi Angkat dan Fungsional Statistik Ahli Muda BPS Simalungun Sabar A Nainggolan.