JAKARTA, HETANEWS.com - Presiden Joko Widodo mengaku dirinya sudah mengecek langsung keriput serta rambut putih pada salah satu politikus di Indonesia. Namun, berbeda dengan dugaan banyak orang, sosok termasuk ternyata bukanlah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sehubungan dengan pernyataannya akhir perkan lalu tentang sosok berambut puith yang dapat memimpin Indonesia, Presiden Jokowi mengatakan telah mengecek hal tersebut pada Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

"Tadi saya sudah sampaikan, sudah saya cek ke Pak Prabowo apakah beliau memiliki kerutan di wajahnya, ternyata punya. Kerutan wajahnya ada," kata Jokowi usai peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/11), seperti diberitakan Warta Ekonomi.

"Kemudian saya cek rambutnya, ternyata juga ada putihnya, sebagian juga ada putihnya. Artinya seperti yang saya sampaikan itu," tambahnya.

Sebelumnya, dalam acara Nusantara Bersatu yang digelar Sabtu lalu, Jokowi menyampaikan pesan kepada rakyat Indonesia menjelang pemilihan presiden 2024 dan mengatakan bahwa sosok yang memikirkan rakyat dapat dilihat dari penampilan fisiknya, seperti memiliki rambut putih dan banyak kerutan di wajah.

"Kelihatan banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua. Jadi, pemimpin yang mikirin rakyat itu keliatan dari penampilannya," tuturnya.

"Kalau wajahnya 'cling' bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati-hati.”

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memilih sosok pemimpin yang tidak hanya menghabiskan waktu di istana dan tidak banyak menghabiskan waktu untuk berada di tengah-tengah masyarakat.

"Jangan sampai kita memilih pemimpin yang nanti hanya senangnya duduk di istana yang AC-nya dingin. Jangan sampai, saya ulang, jangan sampai kita memilih pemimpin yang senang duduk di istana yang AC-nya sangat dingin," ujarnya.