HETANEWS.com - Kecerdasan hewan sulit dijabarkan karena "kecerdasan" mengambil bentuk yang berbeda. Contoh jenis kecerdasan termasuk pemahaman bahasa, pengenalan diri, kerja sama, altruisme, pemecahan masalah, dan keterampilan matematika.

Sangat mudah untuk mengenali kecerdasan primata lain, tetapi ada banyak spesies lain yang mungkin lebih pintar dari yang Anda kira. Inilah beberapa yang paling cerdas.

1. Burung Gagak

Burung Gagak. Foto: Colleen Gara / Getty

Seluruh keluarga burung Corvid pintar. Kelompok ini termasuk burung gagak, jay. Burung-burung ini adalah satu-satunya vertebrata non-primata yang menemukan alat mereka sendiri. Gagak mengenali wajah manusia, mengomunikasikan konsep kompleks dengan gagak lain, dan memikirkan masa depan. Banyak ahli membandingkan kecerdasan burung gagak dengan anak manusia berusia 7 tahun.

2. Simpanse

Simpanse. Foto: Tier Und Naturfotografie J und C Sohns / Getty Images

Simpanse adalah kerabat terdekat kita di kerajaan hewan, jadi tidak mengherankan jika mereka menunjukkan kecerdasan yang mirip dengan manusia. Simpanse dapat beradaptasi baik dengan menampilkan berbagai macam emosi, dan mengenali diri mereka sendiri di cermin. Simpanse dapat belajar bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan manusia.

3. Gajah

Gajah dapat bekerja sama satu sama lain untuk memecahkan masalah. Foto: Don Smith / Getty

Gajah memiliki otak terbesar dari semua hewan darat. Korteks otak gajah memiliki neuron sebanyak otak manusia. Gajah memiliki ingatan yang luar biasa, bekerja sama satu sama lain, dan menunjukkan kesadaran diri.

4. Gorila

Gorila. Foto: dikkyoesin1 / Getty Images

Seperti manusia dan simpanse, gorila adalah hewan primata. Gorila bernama Koko menjadi terkenal karena belajar bahasa isyarat dan memelihara kucing peliharaan. Gorila dapat membentuk kalimat asli untuk berkomunikasi dengan manusia dan memahami penggunaan simbol untuk mewakili objek dan konsep yang lebih kompleks.

5. Lumba-lumba

Lumba-lumba cukup pintar untuk merancang tipuan. Foto: Getty Images

Lumba-lumba dan paus setidaknya sama pintarnya dengan burung dan primata. Seperti primata, lumba-lumba dan paus adalah mamalia. Seekor lumba-lumba memiliki otak yang relatif besar dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

Korteks otak manusia sangat berbelit-belit, tetapi otak lumba-lumba memiliki lebih banyak lipatan! Lumba-lumba dan kerabatnya adalah satu-satunya hewan laut yang lulus ujian kesadaran diri.

6. Babi

Babi. Foto: Getty Images

Babi memecahkan labirin, memahami dan menampilkan emosi, dan memahami bahasa simbolik. Anak babi memahami konsep refleksi pada usia yang lebih muda dari manusia. Anak babi berumur enam minggu yang melihat makanan di cermin dapat mengetahui di mana makanan itu berada.

Sebaliknya, bayi manusia membutuhkan beberapa bulan untuk memahami refleksi. Babi juga memahami representasi abstrak dan dapat menerapkan keterampilan ini untuk bermain video game menggunakan joystick.

7. Gurita

Gurita. Foto: Getty Images

Meskipun kita paling akrab dengan kecerdasan pada vertebrata lain, beberapa invertebrata sangat pintar. Gurita memiliki otak terbesar dari invertebrata mana pun, namun tiga per lima neuronnya sebenarnya ada di lengannya.

Gurita adalah satu-satunya invertebrata yang menggunakan alat. Seekor gurita bernama Otto diketahui melempar batu dan menyemprotkan air ke lampu terang di atas akuariumnya untuk mempersingkatnya.

8. Burung Beo

Burung beo dapat memecahkan teka-teki logika. Foto: Getty Images

Burung beo dianggap sepintar anak manusia. Burung-burung ini memecahkan teka-teki dan juga memahami konsep sebab akibat. Einstein dari dunia burung beo adalah Grey Afrika, seekor burung yang dikenal karena ingatannya yang luar biasa dan kemampuannya untuk menghitung.

Burung beo abu-abu Afrika dapat mempelajari sejumlah kata manusia yang mengesankan dan menggunakannya dalam konteks untuk berkomunikasi dengan orang lain.

9. Anjing

German Shepherd dikenal cepat mempelajari perintah baru.. Foto: Getty Images

Sahabat manusia menggunakan kecerdasannya untuk berhubungan dengan manusia. Anjing memahami emosi, menunjukkan empati, dan memahami bahasa simbolik. Menurut pakar kecerdasan anjing Stanley Coren, rata-rata anjing memahami sekitar 165 kata manusia.

Namun, mereka bisa belajar lebih banyak. Seekor border collie bernama Chaser mendemonstrasikan pemahaman tentang 1022 kata. Analisis kosa katanya diterbitkan dalam edisi Februari 2011 dari Behavioral Processes Journal .

10. Rakun

Rakun. Foto: Getty Images

Dongeng Aesop tentang Gagak dan Pitcher bisa saja ditulis tentang rakun. Para peneliti di Pusat Margasatwa Nasional USDA dan Universitas Wyoming memberi rakun sebotol air berisi marshmallow dan beberapa kerikil. Untuk mencapai marshmallow, rakun harus menaikkan permukaan air.

Setengah dari rakun menemukan cara menggunakan kerikil untuk mendapatkan hadiahnya. Yang lain hanya menemukan cara untuk menjatuhkan kendi. Rakun juga terkenal pandai memilih kunci dan dapat mengingat solusi untuk masalah selama tiga tahun.

Sumber: thoughtco.com