AL RAYYAN, HETANEWS.com - Tim nasional Inggris melaju mulus ke fase 16 besar Piala Dunia 2022. The Three Lions finis di posisi puncak Grup B.

Pada laga pamungkas babak penyisihan, skuat polesan Gareth Southgate menundukkan Wales, tiga gol tanpa balas di Ahmed bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Harry Kane dan rekan-rekan tampil dominan sejak awal. Hanya saja dalam 45 menit pertama, skor masih imbang 0-0.

Setelah turun minum, Inggris mengamuk. Marcus Rashford menjadi bintang. Dua kali ia mengoyak jala the Dragons.

Tepatnya pada menit ke-50 dan 68. Penyerang asal klub Manchester United itu mendapat pujian dari Phil Foden. Nama terakhir turut menjebol gawang Danny Ward.

"Sosok dengan bakat hebat. Dia luar biasa bukan? Anda dapat melihat hari ini, betapa pentingnnya dia membawa kami ke tahap selanjutnya. Kami pasti membutuhkannya," kata Foden, dikutip dari Manchester Evening News.

Rashford sejajar dengan beberapa nama yang telah mengoleksi tiga gol selama gelaran di Qatar berlangsung. Ada Cody Gakpo asal Belanda, Kylian Mbappe (Prancis). Juga Enner Valencia (Ekuador).

Valencia dipastikan tidak bisa menambah pembendaharaan golnya. La Tricolor sudah tersingkir. Pada laga terakhir di Grup A, wakil Amerika Selatan itu dikalahkan Senegal.

Sehingga saingan terdekat Rashford hanya Gakpo dan Mbappe. Namun beberapa bintang berpotensi menyusul. Salah satunya Lionel Messi yang telah mengoleksi dua gol.

Pelatih Inggris, Southgate juga memiliki pemikiran positif tentang Rashford. Ia merasa apa yang terlihat di lapangan, buah dari kerja keras. Selama ini, andalan United itu berlatih dengan baik.

"Sangat mengesankan sejak dia kembali bersama kami," ujar juru taktik 52 tahun itu.

Selanjutnya the Three Lions jumpa Senegal. Partai tersebut berlangsung di Al Bayt Stadium, Al Khor, Senin (5/12/2022) dini hari WIB.

Sumber: republika.co.id