HETANEWS.com - Sejarah akan tercipta di Piala Dunia 2022. Tiga wasit wanita bakal memimpin pertandingan lanjutan Grup E antara Kosta Rika vs Jerman di Stadion Al Bayt, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Wasit wanita asal Prancis, Stephanie Frappart akan menjadi wasit utama pertandingan Kosta Rika vs Jerman. Dia akan menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan Piala Dunia Pria dalam 92 tahun.

Hal tersebut sebagaimana dikonfirmasi FIFA melalui akun media sosial resminya, Rabu (30/11/2022).

"Kamis (Jumat dini hari WIB) ini, trio wasit yang semuanya perempuan akan memimpin @FIFAWorldCup putra pertandingan untuk pertama kalinya. Sejarah dalam pembuatan!," cuit akun @FIFAcom.

Stéphanie Frappart akan didampingi asisten wasit wanita (hakim garis) juga, Neuza Back dari Brazil dan Karen Diaz dari Meksiko dalam pertandingan Kosta Rika vs Jerman.

Wanita berusia 38 tahun itu adalah satu dari 3 wasit utama wanita yang menjadi bagian dari 129 ofisial Piala Dunia 2022 yang diumumkan bulan Mei lalu.

Frappart sudah tidak asing memimpin pertandingan sepak bola internasional pria. Dia menjadi wasit wanita pertama yang mengadili pertandingan kualifikasi Piala Dunia pria pada Maret 2021 antara Belanda kontra Latvia.

Wasit Prancis itu juga pernah memimpin pertandingan pria level klub sebelumnya, termasuk Piala Super UEFA 2019 antara Chelsea dengan Liverpool.

Setahun kemudian, dia menjadi wasit wanita pertama dari pertandingan grup Liga Champions yakni di laga Juventus melawan Dynamo Kyiv.

"Piala Dunia pria adalah kompetisi terpenting di dunia, tidak hanya sepak bola," kata Frappart kepada The Athletic pada Mei lalu ketika dia terpilih sebagai wasit Piala Dunia 2022.

"Tapi saya adalah wasit wanita pertama di Prancis, yang pertama di Eropa, setiap kali menjadi yang pertama. Saya tahu bagaimana menghadapinya... Anda berada di sana karena Anda pantas mendapatkannya," imbuhnya.

Komite Wasit FIFA, Pierluigi Collina menegaskan bahwa pemilihan wasit yang akan memimpin pertandingan Piala Dunia berdasarkan kualitas, bukan gender.

"Seperti biasa, kriteria yang kami gunakan adalah kualitas pertama, dan ofisial pertandingan yang dipilih mewakili tingkat wasit tertinggi di dunia," kata Collina.

"Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa kualitaslah yang penting bagi kami dan bukan gender," pungkasnya.

Selain Frappart, wasit wanita Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang juga masuk dalam daftar 36 wasit utama yang bakal mengadili 64 pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar.

Dari 69 asisten wasit (hakim garis), 3 di antaranya juga wanita yakni Neuza Back dari Brazil, Karen Díaz Medina dari Meksiko, dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat.

Sumber: indozone.id