HETANEWS.com - Laga Polandia vs Argentina pada matchday 3 Grup C Piala Dunia 2022 bukan hanya tentang Robert Lewandowski dan Lionel Messi. Pertandingan Polandia vs Argentina akan digelar di Stadion 974, Doha, Qatar, Kamis (1/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB.

Ini adalah duel yang mungkin ditunggu-tunggu semua orang. Apalagi kalau bukan karena Robert Lewandowski dan Lionel Messi. Namun, pelatih Polandia Czeslaw Michniewicz menegaskan bahwa laga ini bukan sekadar Lewandowski dan Messi.

"Sejak pengundian grup, seluruh dunia telah menunggu untuk melihat pertandingan ini," kata Michniewicz, dikutip dari Reuters, Rabu (30/11/2022).

"Ini pertandingan antara Polandia dan Argentina, bukan antara Lewandowski dan Messi," imbuh Michniewicz.

"Ini bukan (olahraga) tenis di mana mereka akan bermain satu lawan satu. Robert membutuhkan rekan setimnya, begitu juga dengan Messi," ucap Michniewicz.

Kendati demikian, Michniewicz mengakui bahwa Messi adalah pemain yang berbahaya. Dia mengibaratkan Messi seperti mantan atlet ski Italia bernama Alberto Tomba yang sangat lincah. Perlu lebih dari satu pemain untuk menghentikan pemain berjuluk La Pulga itu.

"Di pertemuan tim hari ini, kami berbicara tentang Messi yang bermain seperti Alberto Tomba di lereng," kata Michniewicz.

"Dia bisa menghindari semua orang seperti yang dilakukan Tomba, jadi saya perlu menempatkan pemain kami sedemikian rupa untuk menyulitkannya," imbuh eks pelatih timnas U21 Polandia itu.

"Satu pemain tidak akan menghentikan Messi, kami harus melakukannya sebagai kerja tim. Tapi kami siap untuk itu," tutur Michniewicz.

Robert Lewandowski melakukan selebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Polandia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Sabtu (26/11/2022) malam WIB. Keberhasilan itu membuatnya saat ini sejajar deengan legenda timnas Brasil, Pele. (Foto oleh KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP)(AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Polandia saat ini bertengger di peringkat pertama Grup C Piala Dunia dengan koleksi empat poin dari dua laga. Sementara itu, timnas Argentina menempati posisi kedua klasemen Grup C dengan nilai tiga. Adapun peringkat 3-4 klasemen Grup C secara berurutan dihuni oleh Arab Saudi (3 poin) dan Meksiko (1).

Timnas Polandia hanya membutuhkan hasil imbang saja melawan Argentina untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Robert Lewandowski dan kolega bahkan bisa menjadi juara Grup C apabila sanggup mengalahkan La Albiceleste.

Di sisi lain, Argentina akan maju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 jika menang atas timnas Polandia. Dengan kemenangan, tim Tango juga bisa memuncaki Grup C, asalkan Arab Saudi kalah atau imbang melawan Meksiko.

Hasil imbang pun cukup mengantarkan pasukan Lionel Scaloni ke fase gugur, dengan syarat laga Arab Saudi vs Meksiko berakhir tanpa pemenang. Pada hari penentuan ini, Lionel Messi dkk dilarang kalah karena mereka bakal langsung tersingkir.

Sumber: kompas.com