HETANEWS.com - Kemenangan 2-0 Portugal atas Uruguay dalam laga Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Senin (28/11), menyisakan polemik. Ini soal gol pertama yang diperdebatkan apakah milik Cristiano Ronaldo atau Bruno Fernandes. Federasi Sepak Bola Portugal berencana mengirim bukti ke FIFA bahwa gol itu milik Ronaldo.

Menurut laporan Mirror, Portugal akan memberikan bukti kepada FIFA untuk membuktikan Ronaldo mencetak gol pertama mereka melawan Uruguay. Portugal dikatakan kecewa dengan putusan FIFA.

Sebab, jika gol itu tetap milik Fernandes, Ronaldo kini masih kalah satu gol dari striker legendaris Eusebio, yang sepanjang kariernya mencetak 9 gol di Piala Dunia. Sejauh ini, CR7 baru mencetak 8 gol dari keikutsertaannya di ajang 4 tahunan itu.

Hal ini juga ditegaskan oleh media bernama El Chiringuito TV, Federasi Sepak Bola Portugal akan memberikan bukti kepada FIFA terkait gol yang menurut mereka milik Ronaldo itu. Tidak jelas bukti apa yang mereka miliki, apakah itu akan cukup untuk melawan bukti kamera FIFA dan kapan keputusan akhir akan tercapai.

Pemain Portugal Cristiano Ronaldo mencoba menyundul bola ke gawang saat hadapi Uruguay pada Piala Dunia 2022, di Stadion Lusail, Lusail, Qatar, Senin (28/11/2022). Foto: Lee Smith/REUTERS

Gol itu memang menuai kontroversi. Gol pembuka Portugal di menit 54 sempat dinyatakan panitia pelaksana (panpel) dicetak oleh Cristiano Ronaldo.

Namun, tak berselang lama, panpel merevisi pencetak gol tersebut. Panpel menilai, gol tersebut dilesakkan oleh Bruno Fernandes lantaran bola tak menyentuh kepala Ronaldo.

Diwartakan media Portugal, O JOGO, Ronaldo tampak kecewa dengan keputusan tersebut. Pria berusia 37 tahun itu bahkan melakukan protes berskala kecil usai pertandingan.

Ronaldo terus menunjuk-nunjuk rambutnya tatkala ingin berjalan ke ruang ganti. Ia memperlihatkan gestur tersebut kepada panpel karena merasa gol pembuka yang dilesakkan Fernandes mengenai rambutnya.

"Itu menyentuh saya. Bola menyentuh [rambut] saya!" ujar Ronaldo dalam siaran ulang televisi lokal.

Sumber: kumparan.com