DOHA, HETANEWS.com - Gareth Southgate memberi alasan tak banyak memberikan peran untuk Phil Foden di Inggris pada Piala Dunia 2022. Ia enggan Foden mendapatkan tekanan berlebihan.

Phil Foden tampil apik bersama Manchester City di musim ini dengan bikin delapan gol dan tiga assist. Namun, torehan tersebut tak cukup meyakinkan pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate menjadikannya pilihan utama di Piala Dunia 2022.

Foden hanya tampil selama 19 menit dari bangku cadangan saat menang 6-2 atas Iran di laga perdana Grup B di Qatar. Pada laga berikutnya saat Inggris ditahan 0-0 oleh Amerika Serikat, pemain 22 tahun ini sama sekali tak diberi kesempatan bermain oleh Southgate.

Kritikan kini menghampiri Southgate karena dianggap menyia-nyiakan bakat Foden. Southgate kini didesak untuk memainkan Foden di laga pamungkas Grup B menghadapi Wales.

Tiga Singa butuh tiga angka di pertandingan ini untuk memastikan lolos ke 16 besar. Inggris saat ini berada di puncak klasemen dengan empat angka unggul satu poin dari Iran di bawahnya. Amerika Serikat dan Wales menempati posisi ketiga dan keempat dengan masing-masing meraih dua angka dan satu poin.

Southgate punya alasan mengapa mengoptimalkan Foden di Piala Dunia 2022. Ia menegaskan berusaha menjaga Foden dari ekspektasi besar diembannya setiap kali bermain dengan Inggris. Ia menilai hal ini bisa membebani Foden untuk terus berkembang.

"Tingkat ekspektasi untuknya berlebihan untuk pemain muda yang masih berkembang. Kami harus berhati-hati karena kami memberikan banyak tekanan padanya sekarang," ujar Southgate dikutip dari Telegraph.

"Kami adalah sebuah tim dan kami membutuhkan semua pemain dan mereka semua dapat berperan tetapi tidak satupun dari mereka adalah alasan kami akan menang atau kalah. Kami perlu memastikan tidak membuat Phil dalam situasi yang sulit saat di lapangan kerena tingkat ekspektasi yang berlebihan untuk seorang pemain yang masih mengembangkan diri," jelasnya.

Sumber: detik.com