JABAR, HETANEWS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunggah foto di Instagram dengan rambut berwarna putih. Ia terlihat kalem dengan memakai kacamata hitam.

Emil, sapaan akrabnya, mengatakan foto itu adalah ilustrasi bila ia berambut putih. Hal itu karena disuruh oleh istrinya untuk berganti penampilan.

"Disuruh istri,

Ganti gaya rambut mulai bulan depan. Entah kenapa.

Saya tanya kenapa?

Jawabnya: “udah nurut ajah,”

Kendati demikian, Emil menjelaskan bahwa percakapan itu hanyalah imajinasi belaka saja. "*Percakapan imajiner," tulis Emil yang sekarang sedang dekat dengan Golkar ini.

Saat akan dikonfirmasi, Emil belum merespons panggilan telepon dari kumparan soal maksud unggahan foto berambut putih.

Netizen pun tak ayal menduga postingan Emil untuk merespons pernyataan Presiden Joko Widodo tentang ciri-ciri pemimpin berambut putih.

  • Rambut Putih

Sebelumnya Presiden Jokowi menyinggung pemimpin berambut putih saat bertemu sejumlah organ relawannya di acara Gerakan Nusantara Bersatu di GBK, Senayan, Sabtu (26/11).

Saat berpidato, Jokowi menyampaikan sosok pemimpin yang tepat bisa terlihat dari penampilannya. Menurutnya pemimpin yang benar-benar memikirkan rakyat, biasanya ada kerutan di raut wajahnya, bahkan rambutnya sampai berwarna putih semua.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan, dari penampilannya itu kelihatan, banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada, ada itu," kata Jokowi.

Tak sedikit yang mengkaitkan pernyataan Jokowi itu sebagai kode buat Ganjar Pranowo, politikus PDIP yang menjadi jawara sejumlah survei capres 2024, yang berambut putih.