SIANTAR - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Pematang Siantar melakukan sosialisasi dan edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah (CBPR) dan QRIS kepada 100 prajurit dan pimpinan Batalyon Infanteri 122/Tombak Sakti.

Demikian disampaikan Teuku Munandar melalui pers relis humas Bank Indonesia, Sabtu (26/11/2022).

Bank Indonesia Indonesia merupakan Bank Sentral Indonesia. Sebagai lembaga negara, Bank Indonesia mempunyai tujuan tunggal untuk mencapai dan menjaga kestabilan nilai rupiah. Untuk itu Bank Indonesia terus berupaya mengedukasi program Cinta Bangga Paham Rupiah kepada berbagai lembaga negara dan masyarakat.

Sosialisasi dan Edukasi Cinta Bangga dan Paham Rupiah serta QRIS telah dilaksanakan di berbagai kampus, lembaga organisasi, instansi Kejaksaan dan Kepolisian juga Yonif 122/TS.

Suarmin Sitorus dan Michael Tampubolon sebagai narasumber dalam sosialisasi dan edukasi tersebut memberikan pemahaman tentang sikap Cinta Rupiah. Dimaknai dengan kemampuan untuk mengenal keaslian dan merawat Rupiah. Melalui 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang)

Bangga Rupiah artinya kemampuan untuk memahami rupiah sebagai identitas dan Simbol Bangsa. Juga Paham Rupiah, kemampuan untuk memahami tentang fungsi Rupiah dalam perekonomian.

Selain materi CBPR seluruh peserta diberikan juga materi terkait pengenalan Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah dari berbagai denominasi Rupiah yang beredar saat ini.

Cintai Rupiah dengan melakukan 5 Jangan (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi).

Selanjutnya disampaikan materi terkait QRIS (baca :kris) sebagai salah satu metode pembayaran non tunai yang memberikan berbagai kemudahan dalam bertransaksi.

Melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi ini kiranya Rupiah akan semakin berdaulat dalam perwujudan sikap Cinta Bangga dan Paham oleh semua masyarakat, tidak terkecuali bagi Para Prajurit yang senantiasa menjaga kedaulatan tanah air Indonesia.

Munandar juga mengatakan jika pada bulan Agustus 2022, Bank Indonesia telah mengeluarkan uang baru Tahun Emisi (TE). Dalam 7 pecahan kertas dengan nilai tetap hanya warna dan ukuran yang berbeda dari uang TE 2016.

Uang TE 2022 di desain lebih Indah, lebih Tahan, lebih Aman (INTAN) dan di desain khusus bagi Pertuni (Persatuan tuna netra Indonesia) lebih baik lagi dari sebelumnya. Uang Rupiah memiliki tingkat pengamanan paling tinggi, meski demikian masih banyak orang yang memalsukan.