SIANTAR - Sebanyak 791 Mahasiswa program S-1 dari 13 Jurusan dan 3 Fakultas Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar (UHKBPNP) diwisuda, Sabtu (26/11/2022). Wali Kota Susanti Dewayani mengajak wisudawan dan wisudawati berwirausaha.

Susanti mengucapkan mengucapkan selamat kepada wisudawan/wisudawati dan berharap ilmu yang telah diperoleh selama di perkuliahan dapat berguna untuk memajukan bangsa dan negara, juga menjadi kebanggaan orang tua masing-masing.

"Kepada wisudawan dan wisudawati, saya berpesan tetaplah terus belajar. Sebab persaingan di dunia kerja semakin sulit di era revolusi 4.0. Dibutuhkan kejelian dan kesungguhan untuk bisa menemukan peluang-peluang besar di era ini," kata Susanti dalam sambutannya.

Para lulusan perguruan tinggi, lanjutnya, dituntut mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu berkreasi dan berinovasi serta memanfaatkan peluang besar. Salah satunya, peluang berwirausaha atau UMKM.

Dalam pemberdayaan dan memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM, sambung Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar pada 24-26 November 2022 menggelar kegiatan Gebyar UMKM Tahun 2022 di Lapangan H Adam Malik.

Gebyar UMKM Kota Pematang Siantar Tahun 2022 merupakan kegiatan promosi, pemasaran, dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri Kota Pematang Siantar.

Sebelumnya, 15 November 2022 lalu, dr Susanti telah menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM.

Lencana tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur di Kota Medan.

Saat itu juga, ada dua UMKM dari Kota Pematang Siantar yang menerima penghargaan Siddhakarya, yaitu PT Pabrik Es yang memproduksi minuman Cap Badak serta UD Artha yang memproduksi ulos.

dr Susanti melanjutkan, wisuda bukanlah momentum untuk berhenti belajar. Namun ilmu yang selama ini telah didapatkan di kampus agar dilanjutkan dan digunakan untuk membantu masyarakat dalam menghadapi dan menyelesaikan tantangan.

Meski begitu, pelaksanaan wisuda merupakan pencapaian kinerja dan reputasi UHKBPNP sebagai kontribusi nyata dalam pembangunan anak bangsa.

"Pemerintah Kota Pematang Siantar akan terus mendorong dan mendukung Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar dalam kiprahnya menghasilkan lulusan terbaik dan berkualitas,” katanya.