HETANEWS.com - Megabintang Portugal Cristiano Ronaldo senang usai membuat sejarah sebagai pesepak bola pria pertama yang mencetak gol pada lima edisi Piala Dunia.

Ronaldo mencapai prestasi itu setelah membukukan satu gol saat Portugal melawan Ghana pada laga Grup H Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022) malam WIB. Duel Portugal vs Ghana yang digelar di Stadium 974, Qatar, berakhir dengan skor 3-2.

Selain Cristiano Ronaldo, dua gol Portugal lainnya dicetak oleh Joao Felix dan Rafael Leao. Keberhasilan menjebol gawang Ghana membuat Ronaldo kini berstatus sebagai pesepak bola pertama yang mencetak gol pada lima Piala Dunia.

Cristiano Ronaldo mengaku bangga bisa mengukir sejarah tersebut. Ia juga senang mencetak gol dan membantu Portugal meraih kemenangan atas Ghana.

"Itu adalah momen yang indah, Piala Dunia kelima saya. Kami menang, kami memulai dengan langkah yang benar," kata Cristiano Ronaldo, dilansir dari laman resmi FIFA.

"Saya sangat bangga dan senang menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima turnamen (Piala Dunia). Saya sangat senang dengan tim," tutur Ronaldo.

Penampilan Cristiano Ronaldo pun menuai pujian dari pelatih Portugal, Fernando Santos. Ia mengatakan, nama Ronaldo akan abadi seperti Pele dan Diego Maradona.

"Dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia, salah satu pencetak gol terbaik sepanjang masa. Dalam waktu 50 tahun kita akan terus berbicara tentang dia," kata Santos.

"Kita berbicara tentang Pele dan Maradona yang bermain 50 tahun lalu dan saya pikir kita akan terus berbicara mengenai Ronaldo," ucap Fernando Santos.

Tambahan satu gol melawan Ghana membuat Ronaldo kini sudah membukukan delapan gol untuk timnas Portugal di Piala Dunia, yang semuanya dicetak di fase grup.

Pencapaian itu dimulai saat debutnya di Piala Dunia 2006 di Jerman. Ronaldo mencetak gol pertamanya pada turnamen empat tahunan itu saat melawan Iran pada fase grup.

Pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Ronaldo menyumbangkan satu gol dalam kemenangan 7-0 Portugal atas Korea Utara.

Gol Ronaldo di Piala Dunia berlanjut pada tahun 2014 di Brasil. Ia mencetak satu gol pada laga terakhir Portugal melawan Ghana di fase grup yang berakhir dengan skor 2-1.

Adapun pada Piala Dunia 2018 di Rusia, Ronaldo membukukan 4 gol dengan rincian 3 gol saat melawan Spanyol dan satu gol ketika berhadapan dengan Maroko.

Sementara itu, gol ke gawang Ghana semalam menjadi gol kedelapan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia.

Pemain berinisial CR7 itu berpeluang menambah torehan golnya di Piala Dunia 2022 sebab Portugal masih memainkan dua pertandingan fase grup melawan Uruguay dan Korea Selatan.

Cristiano Ronaldo saat ini juga hanya tertinggal dari Eusebio yang menjadi pencetak gol terbanyak Portugal di Piala Dunia dengan koleksi 9 gol.

Sumber: kompas.com