PARAPAT, HETANEWS.com - Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wil II Sumatera Utara menggelar seremonial Pekan Keselamatan Jalan (PKJ) 2022 di RTP Pantai Bebas Parapat Danau Toba, Kamis (24/11/2022).

Kepala BPTD Wil II Sumut Barata yang memimpin kegiatan mengatakan bahwa PKJ merupakan program Kemenhub yang dilaksanakan oleh jajaran BPTD untuk mengajak masyarakat tertib berlalu lintas.

“Kegiatan ini sebagai rangkaian promosi untuk memberikan edukasi, sosialisasi, dan kampanye kepada seluruh masyarakat umum, anak-anak sekolah terutama pengguna jalan agar mempunyai kesadaran dan kepatuhan dalam berlalulintas yang tertib dan baik,” ujar Batara.

Menurutnya salah satu faktor penyumbang tingginya kecelakaan dikarenakan minimnya kesadaran warga dalam mematuhi berbagai aturan keselamatan dalam berlalulintas.

"kita harus melatih diri untuk meningkatkan kesadaran dengan menjadikannya sebagai budaya berlalu lintas yang baik dan santun, ini harus kita lahirkan dari mulai anak sejak usia dini tingkat pendidikan PAUD, TK dan berlanjut di tingkat Pelajar SD, SMP, SMA serta Pelajar Mahasiswa/i, dan harus tetap di sosialisasikan juga kepada para komunitas dan masyarakat umum, sehingga menjadi konsen pemerintah untuk terus meningkatkan keselamatan warga dalam berlalulintas." lanjut Batara

Dia juga berharap melalui sosialiasi PKJ ini, masyarakat Danau Toba dan Sumatera Utara bisa mengaplikasikan saat melakukan perjalanan wisata menjelang libur Natal Tahun Baru (Nataru) untuk mengurangi angka kecelakaan berlalulintas.

Sedangkan menurut Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Sumut Bapak AKBP Edi Boan Sinaga menjelaskan akibat kurangnya kesadaran masyarakat berlalulintas maka hingga saat ini tercatat 4-5 orang perharinya meninggal dunia di TKP akibat kecelakaan berlalulintas.

"Di Sumatera Utara pada tahun 2022 tercatat 4.800an orang meninggal dunia akibat kecelakaan berlalu lintas, sehingga sosialisasi safety riding, bagaimana berkendara yang baik, termasuk dari unsur kendaraan maupun etika berlalu lintas,” ungkapnya.

Sebelum seremonial di RTP Parapat, pada pagi harinya PKJ diawali dengan touring safety riding dari Tebing Tinggi ke Parapat yang di ikuti peserta dari pegawai BPTD Wil Sumut dan masyarakat relawan rider dengan menggunakan roda dua.

Selanjutnya dalam seremonial digelar berbagai acara berupa talkshow dan tanya jawab keselamatan berlalulintas dari Narasumber Ditlantas Polda Sumut, Dishub Prov Sumut dan Jasaraharja.

Selain Kepala BPTD Wil II Terlihat hadir dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pekan Keselamatan Jalan di pantai Bebas Danau Toba Parapat diantaranya Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Sumut Tamrin Silalahi, Kasubdit Promosi dan Kemitraan Keselamatan Direktorat Sarana Transportasi Jalan H. Syamsuddin, Kabag Bin Opsnal Ditlantas Polda Sumut AKBP Edi Boan Sinaga, General Manager PT ASDP Cabang Danau Toba Heru Wahyono, Kapolres Simalungun AKBP.Ronald F.C Sipayung, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pematang Siantar Dra.Kartini Asmaralda Batubara, GM Perum Damri Cabang Medan Suhendra, Kabid Promitra Dinas Perhubungan Kab.Simalungun Hinsa Siringoringo.