HETANEWS.com - Hari Guru Nasional yang jatuh pada Jumat 25 November 2022, menjadi momen bagi murid untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada guru, sosok pahlawan tanpa tanda jasa.

Bagi Anda khususnya murid TK dan SD yang ingin mengucapkan rasa terima kasih di saat Hari Guru Nasional 2022, berikut contoh ucapan Hari Guru 2022 yang simpel dan menyentuh hati.

1. Selamat Merayakan Hari Guru 2022 dan HUT PGRI untuk seluruh guru di Tanah Air. Tetaplah menjadi guru kebanggaan kita semua dan terima kasih atas segala jasamu dalam mendidik kami.

2. Meski hujan turun deras, kau tetap melaju untuk menemui kami di sekolah. Terima kasih karena telah begitu tulus dalam mendidik kami. Wahai guruku, selamat Hari Guru kami ucapkan.

3. Tiada kata yang dapat kami ucapkan selain ucapan beribu terima kasih atas segala kesabaran dan ketulusanmu dalam mendidik kami di sekolah. Kau adalah guru terbaik dan akan selalu menjadi kebanggan kami. Selamat Hari Guru Nasional 2022!

4. Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI 2022! Semua jasamu dalam mendidikan kami akan selalu terkenang hingga akhir masa.

5. Guruku, terima kasih telah menuntunku menuju gerbang kesuksesan. Semua jasamu, sampai kapanmu akan selalu membekas di hatiku. Selamat Hari Guru Nasional, guruku.

6. Engkau bagaikan lentera yang memberi cahaya di tengah kegelapan. Semoga setiap peluhmu melahirkan generasi penerus bangsa yang tangguh, berani, dan berjiwa negarawan. Wahai guruku, Selamat Hari Guru.

7. Seorang guru yang bijak ibarat lilin yang menyala, dia rela menghabiskan dirinya demi memberikan cahaya dalam kegelapan bagi orang lain. Selamat Hari Guru untuk seluru Guru di Tanah Air!

8. Guruku, kau adalah orangtua kedua kami. Tatkala kami nakal, kau menugur kami. Kau juga seperti sahabat yang selalu memberi kami pencerahan tatkala kami kebingungan. Selamat Hari Guru Nasional kami ucapkan.

9. Terima kasih karena engkau telah menjadi sosok guru yang selalu sabar dan tak kenal lelah dalam membimbing murid-muridmu yang nakal ini. Terima kasih karena tak pernah putus asa dalam menuntun kami menuju pintu keberhasilan. Selamat Hari Guru!

10. Guruku, terima kasih karena kau telah membantu meringankan beban masa depan dalam diri kami dengan bekal ilmu pengetahuan yang berguna. Selamat Hari Guru untuk para guru di Indonesia.

11. Selamat Hari Guru! Kekuatan dan kesebaranmu sebagai guru inilah yang akhirnya mampu mendorong kami menuju keberhasilan. Kau telah membantu kami dalam menciptakan perubahan besar di negeri ini.

12. Guru ibarat rembulan yang memberikan penerang dalam gelap malam. Terima kasih karena tak pernah lelah mengajarkan kepada kami untuk tak putua asa dalam meraih mimpi dan kesuksesan. Selamat Hari Guru, wahai guru seluruh Indonesia.

13. Selamat merayakan Hari Guru 2022! Terima kasih karena telah menjadi alasan kami untuk tidak takut dalam menggapai mimpi.

14. Guruku, terima kasih karena telah mengajarkan kepada kami cara dalam menjalani hidup. Terima kasih karena telah menyemangati kami agar tak putus asa dalam meraih mimpi. Selamat Hari Guru untuk guru kami tercinta.

15. Terima kasih atas benih ilmu serta kebijaksanaan yang kau tanamkan pada diri kami hingga kami menjadi manusia yang lebih berguna bagi bangsa. Wahai guruku yang selalu kami banggakan, selamat Hari Guru Nasional.

16. Selamat Hari Guru Nasional untuk semua guru-guruku tercinta dan khusus untuk ibu/bapak wali kelas aku berharap ada hari wali kelas untukmu.

17.Selamat Hari Guru Nasional. Sehat selalu para guru di seluruh Indonesia, jasamu tak kan pernah terlupakan.

18. Terima kasih wahai guru, tanpamu kami tidak memiliki banyak ilmu pengetahuan.

19. Guruku, engkaulah pelita saat kami berjalan tanpa arah. Engkaulah penerang dalam kehidupan.

20. Guruku, engkau adalah penerang jalan hidupku, di saat aku tidak banyak mengerti dan tak tahu apa-apa.

Diketahui, Hari Guru Nasional menjadi salah satu hari bersejarah yang akan diperingati di bulan November ini.

Sejarah hari tersebut tak akan pernah lepas dari kemunculan organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia, yang dahulu bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Organisasi ini didirikan pada tahun 1912, dan berubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGI) tahun 1932.

Pada masa penjajahan Belanda, segala organisasi yang berkaitan dengan pendidikan dilarang. Banyak sekolah yang ditutup, dan PGI tak lagi bisa melakukan aktivitas yang mereka miliki.

Hingga akhirnya, tanggal 23-25 November 1945 berlangsung Kongres Guru Indonesia di Surakarta.

Kongres ini yang menjadi cikal bakal peringatan Hari Guru Nasional yang diperingati hingga sekarang ini. Pada kongres ini pula pengukuhan Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI dilakukan.

Meski Hari Guru Nasional sendiri bermula sejak tahun 1945 setelah Kongres Guru Indonesia. Namun pengukuhan hari lahir PGRI baru ditetapkan pada tahun 1994.