HETANEWS.com - Tim nasional Jepang meninggalkan ruang ganti mereka tanpa noda sedikitpun sambil meninggalkan sebuah pesan dalam tulisan bahasa Arab setelah kemenangan bersejarah mereka di Piala Dunia 2022 atas Jerman.

Gol-gol babak kedua dari Ritsu Doan dan Takuma Asano mengamankan kemenangan kejutan bagi Jepang yang bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Jerman 2-1, hari Rabu.

Jepang pun memulai petualangan mereka di Qatar dengan kemenangan besar yang akan membuka peluang besar mereka untuk memesan tempat di putaran berikutnya.

Di luar ruang ganti, suporter Jepang di Stadion Internasional Khalifa juga bersih-bersih arena tempat mereka menyaksikan kemenangan timnas kebanggaan mereka tersebut.

Media sosial pun kembali angkat topi atas aksi orang-orang Jepang, dengan salah seorang pengguna Twitter tanpa ragu menuliskan komentar: "Jepang menyapu bersih di dalam lapangan dan di luar lapangan."

Karena meskipun meraih kemenangan besar, timnas Jepang tidak terbawa oleh hasil itu saat mereka membersihkan ruang ganti dan meninggalkan pesan yang menghangatkan hati.

Pasukan "Samurai Biru" meninggalkan pesan bertuliskan 'terima kasih' dalam tulisan bahasa Arab dan juga menempatkan 11 origami crane (tsuru), simbol kehormatan, panjang umur dan apresiasi, di atas meja.

Manajer timnas Jepang, Hajime Moriyasu memuji penampilan timnya dan menggambarkan kemenangan itu sebagai 'momen bersejarah'.

Berbicara setelah pertandingan, dia berkata: "Saya percaya ini adalah momen bersejarah, kemenangan yang bersejarah, setidaknya. Jika saya berpikir tentang perkembangan sepak bola Jepang, kami telah berhasil membangunnya dan mewujudkannya."

"Ini kejutan besar dan kami sekarang mencapai standar global. Kami melihat tim Arab Saudi dengan kemenangan mengejutkan (mengalahkan Argentina pada hari Selasa), jadi kami menunjukkan kemampuan sepak bola Asia kami."

Dia menambahkan: "Sejak awal kami memutuskan untuk agresif, namun agresi Jerman lebih tinggi. Dan, ini tidak mengherankan bagi kami. Mereka memiliki penjaga gawang yang luar biasa, Mister Neuer. Namun pasukan kami sangat cerdas, mereka cerdas dan bermain dengan baik dengan gigih. Mereka berjuang sangat keras."

Jepang akan melanjutkan kampanye Piala Dunia mereka pada hari Minggu ketika menghadapi Kosta Rika, sebelum menghadapi Spanyol pada Kamis depan.

Sumber: skor.id