HETANEWS.com - Upaya pencarian terhadap korban bencana gempa Cianjur magnitudo 5,6 pada Senin (2/11/2022) masih terus berlanjut. Tim gabungan dari SAR, BNPB, BPBD, TNI/Polri dan relawan masih terus berupaya terlibat dalam penanganan bencana gempa Cianjur.

"Per hari ini, 271 jenazah sudah teridentifikasi," ucap Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/11/2022) malam.

Dari hasil pencarian dan evakuasi tim gabungan, pihaknya berhasil menemukan 4 orang, 3 meninggal dunia dan satunya selamat.

"Masih ada korban hilang 40 orang," katanya lagi.

Dari hasil pendataan sementara, korban luka tercatat sebanyak 2.043 orang. Sementara warga yang mengungsi tercatat sebanyak 61.908 orang.

Kerugian material akibat gempa Cianjur

Kondisi kerusakan yang menmpa sejumlah bangunan rumah warga di wilayah Desa Nagrak, Cianjur, Jawa Barat, akibat gempa M 5,6.(KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

Untuk kerugian material, sebanyak 56.320 rumah mengalami kerusakan. Perinciannya yakni rusak berat 22.241 unit, 11.641 rusak sedang, dan rusak ringan sebanyak 22.090 unit.

Fasilitas umum lainnya yang juga turut terdampak yaitu 31 unit sekolah, 124 tempat ibadah, tiga fasilitas kesehatan dan 13 gedung perkantoran.

Terkait adanya keluhan masyarakat tentang bantuan yang belum diterima, pihaknya akan menggandeng perangkat desa setempat untuk memastikan kebutuhan terpenuhi.

Untuk teknis distribusi logistik, setiap pagi pukul 8, para camat mengajukan kebutuhan dan akan disiapkan armada untuk melakukan pengiriman ke kantor kecamatan pada pukul 9.

"Nantinya kepala desa, babinsa, dan babinkamtibmas mendistribukan ke titik-titik pengungsian," kata dia.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya meminta agar distirbusi logistik tidak dilakukan sendiri-sendiri, dan sebaiknya penyaluran melalui posko di Kantor Bupati Cianjur.

"Jangan distribusikan sendiri karena cuaca tidak baik, jalanan kecil, menyebabkan jalanan terhambat, ada laporan pasukan evakuasi terhambat karena itu," paparnya.

Menurutnya, penanganan bencana gempa Cianjur selain mendapatkan dukungan logistik juga mendapatkan personel dari berbagai pihak.

"Relawan sudah masuk, malam ini 193 organisasi relawan siap bantu dengan 2.904 personel yang terdata. Nantinya relawan akan membantu SAR, distribusi logistik, pendataan, dan pemenuhan kebutuhan lain," pungkasnya.

Baca juga: UPDATE Pencarian Korban Gempa Cianjur, Helikopter dan Anjing Pelacak Mulai Diturunkan

Sumber: kompas.com